Search

Liburan Lebaran, Polres Klaten Siagakan Pengamanan Di Obyek Wisata

BERITA KLATEN – Memasuki H+3 hari Raya Idul Fitri 1443 H, Polres Klaten, Jawa Tengah mengintensifkan pengamanan di obyek wisata. Karena itu 3 tim patroli khusus diterjunkan ke obyek wisata, Kamis (5/5/2022).

Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo  melalui Kasi Humas Iptu Abdillah  menjelaskan bahwa sesuai hasil pemetaan, kegiatan masyarakat hari ini sudah bergeser ke obyek wisata. Klaten yang memiliki beberapa tempat obyek wisata populer juga akan mendapat limpahan pengunjung baik wisatawan lokal maupun dari luar kota.

“Rabu kemarin sudah mulai tampak peningkatan pengunjung di obyek-obyek wisata. Hari ini diprediksi lebih banyak lagi, karena masyarakat sudah selesai silaturahmi dengan keluarga, dan selanjutnya biasanya adalah  kegiatan adal rekreasi,” tutur Abdillah.

Kegiatan masyarakat ini menurut Iptu Abdillah  akan menimbulkan kerawanan, baik masalah keamanan dan keselamatan pengunjung, juga kemacetan lalulintas. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Polres Klaten kemudian membentuk tim patroli obyek wisata yang terbagi dalam 3 wilayah yakni tim Polanharjo-Tulung, tim Prambanan-Kemalang, dan ketiga adalah tim Bayat-Kalikotes.

“Tim patroli juga melibatkan  Polwan. Mereka akan mengingatkan pengelola dan pengunjung untuk memperhatikan keselamatan dan prokes. Kita pastikan meskipun pengunjung membludak, SOP tetap diberlakukan. Pemberlakuan SOP untuk keselamatan pengunjung obyek wisata. Misalnya  seperti batasan jumlah penumpang gondola di obyek wisata Girpasang, di lereng Gunung Merapi,  juga penumpang  perahu di Rowo Jombor, Bayat. SOP di obyek wisata tersebut tetap diterapkan,”ungkap Abdillah tegas.

Selain menerjunkan personelnya, Polres Klaten juga sudah membuat spanduk himbauan keselamatan di lokasi obyek-obyek wisata. Di Girpasang sendiri ada lebih dari 10 titik spanduk himbauan. Beberapa hal yang ingin diingatkan antara lain batasan jumlah penumpang, pengawasan terhadap anak yang masih kecil hingga kewaspadaan saat photo selfi  di lokasi-lokasi yang rawan bahaya.

“Kami menghimbau agar masyarakat tetap waspada dan hati-hati saat berwisata. Rayakan lebaran dengan kegembiraan tapi jangan abai keselamatan,”peringatan Kapolres Klaten melalui Iptu Pol Abdillah.(ksd/humas rest)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar