Lomba Hatinya PKK, RW 05 Grudan Sangat Luar Biasa

 13 total views,  1 views today

BERITA KLATEN – Penggunaan lahan tiap rumah untuk menanam sayur yang bertajuk Lomba Hatinya PKK, Rukun Warga (RW) 05 Dusun Grudan, Desa Ngering, Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah dikatakan Endang Yoga Hardaya sangat luar biasa, Selasa (28/9/2021).

Endang Yoga Hardaya sebagai isteri Wakil Bupati Klaten Yoga Hardaya selaku Ketua Penggerak PKK Kabupaten Klaten menegaskan ibu-ibu kader penggerak PKK di dusun Grudan RW O5 membawahi RT 01 dan RT 02 sangat luar biasa dalam memanfaatkan lahan rumahnya untuk menanam berbagai tanaman sayuran. Tanaman sayuran yang ditanam di lahan pekarangan rumahnya antara lain lombok, bayam, kangkung, pare, kenikir,  sawi, dan lainnya.

“Di Dusun Grudan RW 05, Desa Ngering, Kecamatan Jogonalan sangat luar biasa. Pemanfaatan lahan pekarangan tiap rumah sudah ditanami banyak macam sayuran. Macam tanaman sayuran antara lain sawi, bayam, tomat, lombok, pepaya, dan lainnya. Ini sungguh sangat luar biasa,”ucap Endang Yoga Hardaya.

Lebih lanjut Endang Yoga Hardaya dalam sambutannya di hadapan para ibu, dan para kader Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Ngering menuturkan, dia sangat mengapresiasi para ibu di Dusun Grudan yang telah menanam macam-macam sayuran di lahan pekarangan rumahnya. Ia juga berpesan agar sayur yang ditanam sayuran dimakan, atau tanaman yang dimakan adalah tanaman yang ditanam. “Sing ditandur sing dipangan, utowo sing dipangan sing ditandur”.

Endang Yoga Hardaya juga berpesan, karena di pekarangan rumah sudah ada tanaman sayuran maka tidak perlu beli di pasar. Mengurangi pengeluaran belanja,  sehingga uangnya dapat ditabung.

Setelah keliling di dusun Grudan, dari pengamatan Endang Yoga Hardaya, ia juga mengamati warga yang punya usaha mikro kecil menengah (UMKM) berupa makanan. Para pengusaha UMKM belum punya ijin PRT. Maka agar diupayakan dapat perijinan. Pesannya agar Penggerak PKK mengusahakan mempunyai ijin.

Salindri Rahmanto dalam sambutannya antara lain mengatakan agar para ibu-ibu di Dusun Grudan tetap semangat memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya untuk menanam berbagai sayuran.  Setelah lomba hatinya PKK ini agar ibu-ibu tetap menanam dan merawat tanamannya. Agar mengupayakan tanaman sayurnya tetap subur.

Salindri juga menginformasikan RW 05 akan diupayakan menjadi Kampung Wisata Sayur.  Tidak lama lagi Dusun Grudan akan diupayakan surat keputusan dari Pemerintah Desa Ngering sebagai Kampung Wisata Sayur.

Pantauan Berita Klaten.com tim penilai lomba Hatinya PKK dari tiba di Dusun Grudan kurang lebih pukul 09.00. Kemudian Endang Yoga Hardaya langsung melihat-lihat di rumah-rumah yang ada di Dusun Grudan. Tim juri dari Pokja 3  Penggerak PKK  Kabupaten Klaten juga langsung  menilainya.

Para kader Penggerak PKK Desa Ngering yang dikomandani Salindri Rahmanto siap di lokasi Dusun Grudan.  Ketua RW 05 Sinendi dan para Ketua RT, serta bapak-bapak juga siap terlibat membantu para ibu Penggerak PKK  RW 05 di Desa Ngering.

Para tamu pendukung yang hadir Ketua Penggerak PKK   Kecamatan Jogonalan Ny Sutopo, dan asistennya. Beberapa isteri Kepala Desa di Wilayah Kecamatan Jogonalan. Hadir juga anggota DPRD Klaten Triyono dari Fraksi Golkar.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia