Search

Manis, Gurih, Kriuk menjadi Satu, Sensasi Keripik Pisang Celup Khas Desa Ngaren oleh TIM II KKN UNDIP 2023

Klaten (05/ 08/ 2023) – Mahasiswa KKN Tim II Undip 2023 melaksanakan program kerja multidisiplin berupa inovasi bisnis camilan keripik pisang celup. Inovasi bisnis ini ditujukan kepada Ibu-Ibu PKK Desa Ngaren, Klaten dengan pelatihan guna pemberdayaan PKK Desa Ngaren. Program multidisiplin ini dilaksanakan pada Sabtu, 5 Agustus 2023 di RW 03, Dk. Brojowangsan, Ds. Ngaren, Kec. Pedan, Kab. Klaten. Program multidisiplin ini mendapat antusiasme dari Ibu-Ibu PKK bahan merambah ke pemuda-pemudi desa.

Pisang adalah buah tropis yang sangat popular dan dikonsumsi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Buah tropis ini memiliki nutrisi yang kaya dan beragam sehingga membuatnya menjadi pilihan mkanan yang sehat dan lezat. Kandungan nutrisi pisang diantaranya karbohidrat, serat, vitamin, mineral, antioksidan, protein, dan lemak yang masing-masing kandungan memiliki manfaat yang penting bagi tubuh. Buah pisang di   Indonesia telah banyak dimanfaatkan dengan berbagai macam rasa dan bentuk. Salah satunya yaitu keripik pisang celup dengan berbagai rasa dan topping yang menarik. Keripik pisang celup ini menggabungkan kelezatan pisang yang manis dengan cita rasa gurih dan manis dari cokelat atau saus yang menciptakan kombinasi yang tak tertandingi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berdasarkan potensi desa yang telah ditelaah, diperoleh bahwa masih banyaknya jumlah pohon pisang yang terbengkalai dan tidak memiliki nilai tambah jual yang tinggi, besarnya peluang untuk produk camilan karena banyaknya produk makanan yang dijual adalah lauk pauk, serta ibu-ibu PKK Desa yang aktif dan perangkat desa yang mengharapkan adanya pelatihan keterampilan UMKM di Desa Ngaren.

Latar belakang potensi desa tersebut, TIM II KKN UNDIP Desa Ngaren membawakan program kerja multidisiplin yaitu pemberdayaan dan pelatihan Ibu-Ibu PKK Desa Ngaren pembuatan keripik pisang celup. Program multidisiplin ini dilaksanakan pada Sabtu, 5 Agustus 2023 di RW 03, Dk. Brojowangsan, Ds. Ngaren, Kec. Pedan, Kab. Klaten. Program multidiplin dalam bentuk pemberdayaan dan pelatihan pembuatan keripik pisang celup. Pemberdayaan dilakukan dengan pemaparan materi mengenai pengenalan keripik pisang hingga langkah pembuatannya, dilanjutkan dengan pelatihan bersama pembuatan keripik pisang celup.

Program multidisiplin ini mendapat antusiasme dari Ibu-Ibu PKK bahkan merambah ke pemudi Desa Ngaren.  Hal tersebut karena menjadi pengalaman dan pengetahuan baru dalam pemanfaatan buah pisang dengan harga jual yang tinggi. Diharapkan dengan pelaksanaan program ini bisa menjadi program yang berkelanjutan untuk pembuka peluang usaha baru bagi Ibu-Ibu khususnya PKK Desa Ngaren untuk menjadi UMKM Desa dan menambah perekonomian pribadi hingga desa. Selain itu, mampu memanfaatkan potensi desa dengan baik dan benar.

 

Penulis Berita : KKN Tim 2 Undip 2023

DPL :

  1. Dr.rer.nat. Ir. Thomas Triadi Putranto., ST., M.Eng., IPU
  2. Fajrin Pramana Putra, S.P., M.Sc
  3. Dinalestari Purbawati., SE., M.Si., Akt

Lokasi : Desa Ngaren, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten.

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar