Search

Membanggakan, Pemkab Klaten Raih Piala WTN 2024

BERITA KLATEN (JAKARTA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten berhasil meraih penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) 2024 dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi kepada Sekda Klaten, Jajang Prihono, di Hub Space 2024 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (7/9/2024).

Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi dalam rangka peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2024. Penghargaan WTN ini diberikan kepada pemerintah kabupaten/kota yang dalam penilaian kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan memperoleh indikator paling baik.

Tahun ini, terdapat dua kategori penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan, yakni Penghargaan WTN bagi pemerintah kabupaten/kota dan  WTN Wiratama bagi pemerintah provinsi.

Pemkab Klaten menerima piala WTN untuk kategori Kota sedang bersama 22 kota/kabupaten lainnya.

“Bapak Ibu sekalian, kami melihat dedikasi Bapak Ibu sekalian, berkaitan dengan daerah yang diberikan penghargaan symbol Wahana Tata Nugraha. Tentunya ini merupakan suatu prestasi dari komitmen bersama untuk mewujudkan tata kelola transportasi yang mendukung mobilitas masyarakat, meningkatkan keselamatan, serta mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan,” kata Menhub RI, Budi Karya Sumadi dalam sambutannya.

Menurutnya penghargaan ini sekaligus apresiasi atas upaya pemerintah daerah dalam melakukan inovasi, perencanaan matang, serta komunikasi efektif dalam tata kelola transportasi.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat dan apresiasi, kami melihat bahwa banyak daerah yang begitu antusias melakukan pengembangan inovasi dan upaya-upaya memberikan pelayanan bagi masyarakat,” paparnya.

Menhub Budi berharap penghargaan WTN yang berhasil diraih dapat menjadi motivasi dan langkah awal dalam upaya peningkatan tata kelola transportasi yang berkelanjutan.

“Oleh karenanya saya mengingatkan kepada kepala daerah untuk melakukan perawatan jalan-jalan yang benar. Sistem transportasi yang berkelanjutan dan berefektifitas adalah suatu prioritas pemerintah dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi. Hal ini sejalan dengan visi Indonesia maju yang dicanangkan oleh presiden dan wakil presiden RI, di mana transportasi berperan sebagai tulang punggung dalam memperkuat stabilitas nasional, meningkatkan daya saing, dan mempercepat pembangunan daerah,” ungkapnya.

Penulis : ang/kominfo-klt

Editor : P.Kusdinarno

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar