Search

Meski Pandemi Covid-19, SD Negeri 1 Trotok Peringati HUT Ke-59 Pramuka

BERITA KLATEN – Para guru  Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Trotok di Kecamatan Wedi, memperingati hari ulang tahun ke-59 Pramuka di halaman SD Negeri 1 Trotok, Jumat (14/8/2020) pagi.

Upacara hari ulang tahun (HUT) ke-59 Pramuka di SD Negeri 1 Trotok hanya dilakukan oleh sembilan orang guru. Baik petugas maupun peserta upacara hanya para guru yang juga sebagai pembina Pramuka gugus depan di SD Negeri 1 Trotok, yang berada di Desa Trotok, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Atik Rahayu yang mengampu Kepala SD Negeri 1 Trotok. Kemudian yang bertugas sebagai komandan upacara Dawud Gunanto yang sehari-harinya sebagai guru olah raga/Penjaskes di SD Negeri 1 Trotok.

Dalam Upacara HUT  Ke-59 Pramuka juga dilakukan pengibaran bendera merah putih, pembacaan Pancasila, pembacaan UUD tahun 1945, dan pembacaan Dasa Dharma. Kesemuanya itu dilakukan oleh pembina upacara dan para guru. Dalam pelaksanaan upacara peringatan HUT Pramuka diterapkan sesuai prosedur protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah.

Atik Rahayu dalam amanatnya antara lain mengungkapkan, dalam kondisi pandemi virus corona atau Covid-19 yang melanda dunia ini masih dirasakan dalam memperingati hari Pramuka di Indonesia. Karena itu Pramuka juga diajak menanggulangi pandemi Covid-19.

Tema HUT Pramuka Tahun 2020 Tangani Covid-19 Dan Bela Negara. Karena itu peran gerakan Pramuka ikut membantu dalam penanggulangan bencana Covid-19, dan tentunya juga bela negara.  Dalam kondisi pandemi virus corona ini Pramuka untuk ikut mempelopori gerakan kedisiplinan nasional, dan gerakan kepedulian nasional. Dalam disiplin nasional tentunya melopori untuk mematuhi protokol kesehatan. Mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli, dan berbagi. Sehingga menjadi generasi yang berkarakter dan bertakwa.

Dawud Gunanto selaku pembina Pramuka di Gugus Depan (Gudep) SD Negeri 1 Trotok, selesai upacara peringatan HUT ke-59 Pramuka kemudian mempersiapkan tumpeng di depan tenda yang akan dipotong untuk merayakannya.  Selanjutnya tumpeng dipotong oleh Atik Rahayu yang mengampu Kepala SD Negeri 1 Trotok,  kemudian potongan tumpeng diserahkan pada Dawud Gunanto.

Lebih lanjut Dawud Gunanto pada Berita Klaten menuturkan, untuk menciptakan suasana HUT Pramuka di SD Negeri 1 Trotok sejak awal bulan Agustus sudah merencanakan giat memperingati hari ulang tahun Pramuka. Menurut Dawud Gunanto anak-anak sudah diberi tugas. Tugasnya anak disuruh photo di depan tenda yang ada di halaman sekolah secara bergilir sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Kemudian photo selfi diaplod di media sosial (medsos). Antara lain di instagram, facebook, dan WA. Selain photo juga ada tugas lain dikumpulkan di sekolah. Puncak mengumpulkan tugas di sekolah pada hari ulang tahun Pramuka, Jumat tanggal 14 Agustus 2020 ini.

Dawud Gunanto juga mengatakan, selain siswa para guru pembina Pramuka seusai upacara peringatan HUT Pramuka mengikuti perlombaan. Perlombaan untuk para guru adalah materi teknik kepramukaan (Tekpram). Perlombaan bagi para guru pembina Pramuka juga disediakan stimulan atau hadiah bagi yang dapat juara.

Di halaman SD Negeri 1 Trotok suasana nampak semarak.  Di halaman didirikan tenda, dilengkapi gapura, dan ornamen-ornamen kertas warna-warni. Sehingga rasa suka cita memperingati hari Pramuka sangat dirasakan oleh para guru di SD Negeri 1 Trotok.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar