Search

Momentum HUT Kabupaten Klaten & Hari Proklamasi Kemerdekaan RI Digelar KFF

BERITA KLATEN – Momentum  peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-219 Kabupaten Klaten  dan  peringatan  proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia (RI)  ke-78 tahun, Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Kabupaten Klaten menggelar Klaten Fashion Festival (KFF) di Monumen Juang 45 Sangkalputung, Klaten, Jawa Tengah,  Sabtu – Minggu (5-6 Agustus 2023).

Dalam menggelar KFF Disbudporpar Kabupaten Klaten bekerja sama dengan Forum Designer Klaten (FADESKA). Hal itu disampaikan oleh Panitia Pelaksana KFF dalam di konperensi pers yang diadakan Edotel Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Klaten,  Kamis (4/8/2023).

Dalam konperensi pers yang dipandu  Sekretaris Disbudporpar Kabupaten Klaten Purwanto, dan menghadirkan Panitia Pelaksana, Astrid dan Melati.

Dalam konperensi PERS Purwanto menjelaskan latar belakang dan tujuan diadakannya Klaten Fashion Festival,  ialah dalam rangka ingin mengangkat kain batik dan lurik yang  menjadi potensi  dan ciri khas Kabupaten Klaten ke kancah yang  luas menyebar.

Astrid mengungkapkan kegiatan Klaten Fashion Festival diadakan serangkaian perlombaan, diantaranya lomba rancang busana dengan tema lokal identity.

Adapun tujuan lomba rancang busana adalah ingin mencari bibit baru perancang busana di Klaten.  Pendaftaran lomba rancang busana  tanggal 20 Juli. Peserta lomba yang mendaftar ada 60. Kemudian diseleksi oleh panitia menjadi 10 finalis yang akan membuat baju rancangannya untuk dipresentasikan dihadapan juri pada tanggal 5 Agustus besuk lusa.

Selanjutnya juga ada lomba fashion show anak-anak. Pesertanya anak usia 5 sampai 10 tahun. Lomba fashion show terbuka untuk umum. Selain itu juga ada lomba line dance pesertanya  perempuan dewasa, usianya  35 tahun ke atas. Dalam lomba line dance  akan dinilai oleh juri anggota ILDI (Ikatan Line Dance Indonesia) dari Jogyakarta.

Disbudporpar Kabupaten Klaten menggandeng FADESKA  dalam penyelenggaraan KFF karena FADESKA adalah  sekumpulan komunitas designer sebagai mitra kerja sama. FADESKA yang berdiri tahun 2018 yang dipelopori Astrid dan Melati sudah malang melintang menyelenggarakan ajang fashion show di wilayah Kabupaten Klaten.

FADESKA sejak tahun 2019  sering hunting  pemotretan para model di spot-spot di tempat-tempat wisata di Klaten, para model mengenakan baju fashion dari bahan lurik maupun batik dari perajin di Klaten. (ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar