Search

Momentum Pertemuan KTNA, Parikesit Perkenalkan Bibit Padi Varietas Barata

BERITA KLATEN – Momentum pertemuan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Jogonalan di Balai Desa Ngering,  Kecamatan  Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah  PT Parikesit memperkenalkan bibit padi varietas barata, Rabu (9/3/2022).

Koordinator   BPP Kecamatan Jogonalan Subyakto pada  Berita Klaten mengatakan pertemuan KTNA diikuti sejumlah 48  anggota  KTNA, 18 Gapoktan, dan Kelompok Wanita Tani (KWT). Subyakto juga menuturkan  nara sumber yang akan membekali dalam pertemuan KTNA adalah petugas dari PT Parikesit,  dan Pariman dari Dinas   Pertanian Kabupaten Klaten.

Dalam pertemuan KTNA juga ada agenda evaluasi.  Menurut Subyakto materi evaluasi  adalah perangkat indeks pertanian (OPIP). Mengenai pengenalan bibit padi varietas barata penjelasannya akan disampaikan oleh pihak PT Parikesit.

Memasuki mata acara dari desa ke desa, Ketua KTNA dari Desa Karangdukuh menyampaikan kesulitan mendapatkan pupuk subsidi.  Permasalahan kesulitan mendapatkan pupuk subsidi, ditanggapi oleh Subyakto, karena pupuk yang disubsidi kuota pupuk NPK  jumlahnya 35%. Subyakto menyarankan agar memakai pupuk yang non subsidi, ialah memakai pupuk cair.

Pertemuan KTNA Kecamatan Jogonalan dibuka oleh Subyakto, dan selanjutnya dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Desa Ngering N Rahmanto selaku tuan rumah. Dalam sambutannya N Rahmanto menyampaikan selamat datang pada hadirin.  N Rahmanto juga menyampaikan suka dukanya sebagai petani. Dari tahun ke tahun problema yang dialami para petani beragam. Menurut N Rahmanto problema yang dihadapi petani perlu dipecahkan bersama. Forum pertemuan KTNA menjadi wahana untuk berembug memecahkan masalah yang dihadapi petani.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar