Search

MPLS Di SMP Negeri 1 Jogonalan Diikuti Semua Siswa

BERITA KLATEN –  Kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Jogonalan, di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah diawali  hari Senin (17/7)  sampai dengan hari Senin (24/7) pekan depan. MPLS di SMP Negeri 1 Jogonalan diikuti oleh semua siswa kelas 7 hingga kelas 9.

Demikian dikatakan Kepala SMP Negeri 1 Jogonalan Endah Sulistyowati ketika mengawali wawancara dengan Berita Klaten.com. Lebih lanjut Endah Sulistyowati mengungkapkan,  mengawali  kegiatan MPLS dilakukan upacara pembukaan, kemudian ditandai mengalungkan tanda pengenal yang diwakili oleh 2 orang siswa putra dan putri.  Materi yang akan diberikan pada para siswa selama mengikuti kegiatan MPLS antara lain pengenalan baris berbaris dan upacara bendera, kemudian diberi pemahaman bahaya rokok, minuman keras (Miras), dan Narkoba. Selanjutnya materi P3, pencegahan buliying, literasi, numerasi, pengelolaan sampah di sekolah, perumusan tata tertib yang melibatkan siswa dan orang tua siswa, mendesign kelas, regulasi diri, kurikulum merdeka, dan peduli lingkungan.

Kepala SMP Negeri 1 Jogonalan  Endah Sulistyowati menegaskan, setiap tahun ajaran baru SMP Negeri 1 Jogonalan  sejak tahun 2018 dalam kegiatan MPLS diikuti oleh siswa  kelas  7, 8, dan kelas 9. Semua guru terlibat menyampaikan materi pada siswa. Materi yang diberikan  dalam MPLS selalu yang kekinian. Bagi siswa baru diperkenalkan  lingkungan sekolah dan tata tertib sekolah. Untuk tahun ajaran 2023/2024 materi yang diberikan adalah literasi dan numerasi, serta mengenalkan, mencegah, dan menolak pada siswa tentang AIDS. Karena di Klaten mulai peringatan adanya AIDS.

Mengenai literasi yang meliputi kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan bermedia yang bijak.  Siswa yang bijak bermedia akan menolak berita-berita hoak. Dalam MPLS Endah Sulistyowati fokus pada keinginan siswa dan orang tua siswa. Menurut Endah Sulistyowati, sekolah selalu mengakomodir apa yang menjadi keinginan siswa dan orang tua siswa demi baiknya sekolah.

Untuk nara sumber selain guru, juga dari luar, serta oleh Pengurus OSIS SMP Negeri 1 Jogonalan. Pelaksanaan MPLS di gedung barat dan timur.

Pantauan Berita Klaten.com pelaksanaan MPLS diawali dengan upacara pembukaan. Di gedung barat bertindak sebagai pembina adalah Raji sebagi Wakasek bagian Sarpras. Siswa kelas 7 berjumlah ada 288.  Selesai upacara pembukaan disampaikan arahan oleh Endah Sulistyowati. Selanjutnya disampaikan materi mengenai tata tertib lalu lintas, narkoba, dan minuman keras (Miras) yang disampaikan oleh Waka Polsek Jogonalan IPTU Sapto Nugroho yang didampingi oleh AIPTU Retno. Para siswa yang didampingi oleh para guru nampak penuh perhatian mendengarkan penjelasan dari IPTU Sapto Nugroho dan AIPTU Retno. (ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar