Search

Obsesi Camat Agus Sunyata Ingin Menciptakan Lalu-Lintas Di Jatinom Nyaman

BERITA KLATEN – Agus Sunyata memulai jabatan definitif sebagai Camat Jatinom mempunyai program untuk memakmurkan masyarakat Jatinom dan menciptakan lalu lintas di Jatinom yang nyaman.

Demikian dipaparkan Agus Sunyata ketika ditemui Berita Klaten.com di kantornya, Kamis (12/10/2023) siang.

Secara umum, Camat Jatinom Agus Sunyata mengatakan desa-desa di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah yang akan melaksanakan pembangunan menggunakan dana desa harus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, rencana tata ruang wilayah (RTRW). Semua Desa harus membuat set plain untuk perencanaan pembangunan.

Di pusat kota Kecamatan Jatinom Agus Sunyata mempunyai keinginan bagaimana menciptakan kondisi lalu-lintas yang nyaman. Untuk itu perlu dilakukan survei pergerakan lalu lintas yang melintas di persimpangan Kota Kecamatan Jatinom. Pergerakan lalu lintas yang ramai hingga membuat macet jalan di pertigaan Jatinom pergerakan lalu lintas  dan pergerakan orang yang dari arah mana. Apakah yang arah dari Penggung, atau arah dari Ngawen, atau banyaknya kendaraan truk yang mengangkut barang tambang galian C, atau pergerakan orang dari Pasar Legen di Desa Bonyokan. Agus Sunyata mengatakan saat sekarang sedang dilakukan survei. Tentunya juga dilakukan identifikasi permasalahan.  Ukuran lalu lintas dikatakan lancar memenuhi kriteria cepat, tepat, aman, nyaman, dan murah.

Untuk menciptakan lalu lintas di Jatinom lancar, kalau perlu membuka jalur yang dibuatkan jalur baru, ialah jalur lingkar. Lalu lintas  dari Penggung jalur dapat dilewatkan Desa Bonyokan. Jalur lalu lintas dari Penggung yang dilewatkan Desa Bonyokan akan dapat meningkatkan sosial ekonomi di Desa Bonyokan, karena masyarakat Desa Bonyokan dapat usaha untuk meningkatkan sosial ekonominya.

Camat Jatinom Agus Sunyata  juga mempunyai konsep menciptakan industri. Masyarakat Jatinom banyak mempunyai ketrampilan membuat kerajinan  alat pertanian tradisional, dan jenis makanan. Ini peluang untuk mendirikan BUMDes bersama (BUMDESMA). Tentunya, bila di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten banyak berdiri industri akan memakmurkan warga masyarakatnya.

“Saya juga mempunyai konsep akan membuat program paket wisata. Program paket wisata saya akan bekerja sama dengan Camat Polanharjo. Desa wisata di Kecamatan Polanharjo agar dibuka akses yang mudah menuju Kecamatan Jatinom. Di Jatinom dapat untuk wisata edukasi, religi, maupun kuliner, yang penting komitmen  masing-masing desa akan mengembangkan apa,”tutur Agus Sunyata.

Menurut Camat Agus Sunyata, dengan adanya paket wisata perlu adanya terminal atau rest area. Res area atau terminal didirikan jalan provinsi. Di Desa Gedaren ada tanah yang berada dekat dengan jalan provinsi. Ini  mendukung untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar rest area.

Untuk itu, lanjut Agus Sunyata, maka nantinya Pemerintah Kabupaten Klaten akan membuat rencana detail tata ruang (RDTR). Ia mengupayakan Desa Bonyokan akan dijadikan pilot project.

Kepala Desa (Kades) Gedaren Udin Diantara, ketika ditemui Berita Klaten.com sangat mendukung Camat Agus Sunyata yang mempunyai program akan membuat rest area di Desa Gedaren. Udin Diantara berharap Camat Agus Sunyata berhasil mewujudkan programnya untuk memakmurkan masyarakat Jatinom. Udin Diantara juga mengatakan bila di Desa Gedaren dibangun rest area akan meningkatkan pendapatan asli desa atau PAD. (ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar