Search

Peken Pinggul Jelang 5 Tahun Tetap Ramai Pengunjung

BERITA KLATEN – Menjelang genap 5 tahun  Peken Pinggul yang berada di tanggul Sungai Ujung di Desa Melikan, tetap ramai dikunjungi orang yang berwisata di Desa Melikan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Peken (Bahasa Jawa) yang berarti pasar (Bahasa Indonesia) dapat untuk menyebut Pasar Pinggul yang menyedot perhatian banyak orang, bulan Pebruari tahun 2024  yang akan datang memasuki ulang tahun yang ke-5.

Demikian dikatakan Kepala Desa Melikan Haji Purwanto, ketika ditemui BERITA KLATEN.com di rumahnya yang tidak jauh dari lokasi Peken Pinggul, Minggu Legi (22/10/2023).

“Sampai sekarang, hari Minggu Legi di bulan Oktober 2023 ini saya pantau pengunjung di Peken Pinggul tetap ramai.  Para bakul yang berjualan, dagangannya tetap laku dibeli oleh pengunjung,”tutur Haji Purwanto.

Lebih lanjut Kepala Desa (Kades) Melikan Haji Purwanto, mengungkapkan setiap pasaran Peken Pinggul  pada hari Minggu Legi, hasil bersih yang masuk kas Peken Pinggul kisarannya antara Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta.  Kemudian, lanjut Kades Melikan, hasil dari parkir dapat mencapai 1 sampai 1,5 juta rupiah. Menurut Haji Purwanto koordinator keamanan parkir diserahkan pada Limas Desa Melikan Mardi dan Suparno.

Haji Purwanto mengatakan, rencana ke depan lokasi Peken Pinggul akan dilakukan penataan, ada area yang akan dipasangi bata beton atau conblock. Kemudian parkir perlu memakai karcis. Sebagian dana parkir disimpan dalam kas.  Adanya ada kas untuk jaga-jaga bila ada kejadian yang tidak diinginkan. Misal ada sepeda motor yang hilang ketika di parkir. Sehingga ada kas dapat untuk membantu orang yang motornya hilang.

Pebruari tahun 2024 yang akan datang, pada agenda hari ulang tahun ke-5 Peken Pinggul, Haji  Purwanto sudah merencanakan untuk merayakannya. Antara lain akan ada prosesi kirab mengusung gunungan tumpeng dari Balai Desa Melikan menuju lokasi Peken Pinggul, di lokasi Peken Pinggul juga akan ada hiburan Gejog Lesung. Agenda untuk merayakan HUT ke-5 Peken Pinggul  tahun 2024 akan datang, Haji Purwanto akan membicarakan dengan pengelola Peken Pinggul Dani Utomo, Lestari selaku sekretaris, dan Sri Ayem sebagai bendahara.

Pantauan BERITA KLATEN.com di Peken Pinggul di Desa Melikan, hari Minggu, 22 Oktober 2023 sekitar pukul 08.30 pengunjung masih berdatangan, dan terus menukarkan koin yang terbuat dari gerabah. Setiap koin nilai nominalnya sebesar Rp 2.000,- digunakan untuk belanja. Para pedagang atau bakul dagangannya dominan berupa makanan, minuman, dan lainnya.

Salah seorang  pria pengunjung Sunardi, ingin mencari makanan hewek-hewek yang terbuat dari bahan ketela, namun jenis makanan tersebut habis. Akhirnya membeli makanan lainnya.

Aktifitas di Peken Pinggul Desa Melikan pukul 05.00 bakul sudah menata  dagangannya di lokasi Peken Pinggul. Sekitar pukul 06.00 pengunjung mulai berdatangan.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar