Pelaksanaan Vaksinasi Di Balai Desa Melikan Lancar

 9 total views,  1 views today

BERITA KLATEN – Di Balai Desa Melikan menjadi sentral vaksinasi untuk warga 10 desa di Wilayah Kecamatan Wedi, Klaten, Jawa Tengah berjalan lamcar, Senin (4/10/2021).

Kepala Desa Melikan Purwanto, selaku tuan rumah untuk  pelaksanaan vaksinasi covid mengatakan ada warga masyarakat dari 10 desa yang divaksin. Menurut Purwanto jumlahnya kurang lebih ada 3000-an orang. Kegiatan vaksinasi dimotori oleh Polres Klaten. Untuk menyemangati agar warga masyarakat mau divaksin Polres Klaten menyediakan dorprize berupa beras bagi warga.

Desa-desa yang warganya divaksin di Desa Melikan adalah Desa Kaligayam, Pasung, Brangkal, Trotok, Jiwo Wetan, Kadilanggon, Pacing, Sembung, dan Desa Kadibolo.

Lebih lanjut Purwanto mengatakan, untuk Desa Melikan data warga yang terdaftar  ada 2034 orang. Dari hasil pendataan,  warga yang termasuk komorbit atau penyakit penyerta ada 101 orang, dan warga yang merantau ada 98 orang, maka jumlah yang tidak ikut divaksin ada 199 orang. Jadi warga masyarakat Desa Melikan yang terdaftar ada 1835 orang. Kemudian warga Desa Melikan yang  sudah divaksin ada 1409 orang,  maka warga Melikan yang terdaftar untuk vaksin hari Senin (4/10/2021) ini ada 426 orang.

Pada Berita Klaten.com Kades Melikan Purwanto mengatakan di Balai Desa Melikan menjadi tempat pelaksanaan vaksinasi massal dari Polres Klaten didukung TNI  berjalan lancar.  Ia berharap warganya yang vaksin mencapai 90-an prosen dalam kondisi sehat, bebas dari covid. Pandemi virus korona atau covid-19 lekas hilang. Kondisi normal, sehingga warga masyarakat Desa Melikan kembali beraktivitas untuk meningkatkan sosial ekonomi. Ia juga berpesan agar warganya tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) menjalan 3M.

“Kegiatan vaksinasi massal yang dimotori oleh Polres Klaten dan didukung TNI di Balai Desa Melikan berjalan lancar. Saya berharap warga masyarakat Melikan yang divaksin mencapai 90-an prosen dalam kondisi sehat dari covid. Warga sudah dapat aktivitas bekerja untuk meningkatkan sosial ekonomi. Saya berpesan agar saat ini yang masih pandemi virus korona, warga masyarakat Desa Melikan tetap taat protokol kesehatan (Prokes) dan menjalankan 3M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan air mengalir,”tutur Purwanto.

Salah seorang tenaga kesehatan (Nakes) mengatakan tenaga kesehatan yang menangani vaksinasi di Balai Desa Melikan dari Dokkes Polres Klaten dan Poltekes Solo. Jenis vaksin yang diberikan adalah sinovac.

Pelaksanaan vaksinasi covid di Balai Desa Melikan berjalan lancar. Polisi, TNI, Pemerintah  Desa Melikan, dan stake holder lainnya membantu dengan sigapnya untuk melancarkan pelaksanaan vaksinasi di Balai Desa Melikan.

Terkait kegiatan vaksinasi massal di Wilayah Kecamatan Wedi, di Balai Desa Kalitengah juga dilaksanakan untuk vaksinasi massal. Menurut salah seorang Perangkat Desa Kalitengah ada 9 desa warganya yang vaksin di Balai Desa Kalitengah. Dari 9 desa adalah Desa Kalitengah, Gadungan, Pandes, Birit, Canan, Pesu, Tanjungan, Sukorejo, dan Desa Dengkeng. Warga yang terdaftar untuk divaksin ada 3.920 orang.

Pelaksanaan vaksinasi massal di Balai Desa Kalitengah berjalan lancar. Polisi dan TNI,  Perangkat Desa Kalitengah, dan stake holder lainnya memabantu kelancaran vaksinasi massal. Warga yang akan mengikuti vaksinasi duduk teratur, dan taat menjaga jarak. Semua yang berada di lokasi vaksinasi menaati Prokes.

Menurut salah seorang Nakes yang membantu pelaksanaan vaksinasi massal di Balai Desa Kalitengah, Kecamatan Wedi, Klaten adalah dari Poltekes Solo, dan PKU Jatinom, serta Dokkes Polres Klaten.

Camat Wedi Rizqan Iryawan, ketika ditemui wartawan di kantornya antara lain mengungkapkan untuk melancarkan  penjemputan warga akan divaksin disediakan kendaraan bus, dan mobil dari relawan for ready. Targetnya pada pelaksanaan vaksinasi massal hari ini Senin (4/10/2021) kurang lebih 2000-an orang.  Kemudian yang tidak dapat divaksin diantaranya warga yang komorbit, warga yang merantau, dan warga yang tidak mau divaksin.  Kemudian warga yang tidak mau divaksin perlu ada perlu surat pernyataan.

Menjawab pertanyaan wartawan langkah apa untuk menuju Kecamatan Wedi menuju zona putih, Camat Rizqan Iryawan mengatakan perlu vaksinasi untuk warga masyarakat di Kecamatan Wedi.

Beberapa orang warga di Wedi yang telah divaksin pada Berita Klaten.com mengatakan sangat senang karena sudah vaksin. Mereka mengatakan semoga menjadi imun atau kebal dari sakit korona.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia