Search

Pemeriksaan Masyarakat Yang Akan Memasuki Klaten Hari Ke-2 Dipimpin Langsung Kapolres Klaten

BERITA KLATEN – Polres Klaten menggelar pemeriksaan selektif  hari ke-2 terhadap masyarakat yang akan masuk Kabupaten Klaten di perbatasan Jateng-DIY tepatnya di depan Taman Wisata Candi Prambanan, Jumat (12/2/2021). Kegiatan dilaksanakan oleh personel gabungan Polres, Kodim dan Dishub Klaten serta dipimpin langsung oleh Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu.

Di sela-sela kegiatan Kapolres Klaten mengatakan bahwa pemeriksaan ini digelar dalam rangka mencegah lonjakan kasus covid-19 selama libur panjang Tahun Baru Imlek 2021. Pemeriksaan akan dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut dimulai Kamis (11/2) sampai dengan Minggu (14/2). Teknis yang dilaksanakan adalah dengan pemeriksaan secara selektif. Prioritas terhadap kendaraan plat luar daerah yang akan memasuki wilayah Kabupaten Klaten. Para pengendara ini kemudian akan di swab antigen bagi yang tidak bisa menunjukkan surat hasil rapid tes.

“Dari Polres Klaten, kemudian Kodim Klaten bersama-sama dengan Dishub, kita melaksanakan kegiatan dalam rangka mengantisipasi long weekend. Dari kemarin sudah kita laksanakan kegiatan, hari ini juga kita laksanakan kegiatan. Kita antisipasi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah,”kata Kapolres Klaten.

Kapolres Klaten menjelaskan apabila pengendara bisa menunjukkan surat keterangan rapid tes dipersilahkan melanjutkan perjalanan, namun bagi yang tidak memiliki surat keterangan hasil rapid akan dilakukan  swab antigen oleh personel kesehatan Polres Klaten di Pos Tangguh Sat Lantas. Kapolres kemudian menjelaskan bahwa bagi para wisatawan yang dinyatakan non reaktif dalam swab antigen diperbolehkan memasuki wilayah Kabupaten Klaten. Sedangkan bagi yang reaktif akan diminta putar balik dan diarahkan pemeriksaan lebih lanjut di RS Bhayangkara DIY.

“Kalau seandainya hasilnya reaktif disuruh  putar balik, dan periksa di RS Bhayangkara  Yogyakarta. Kita arahkan kesana,”tutur Edy Suranta Sitepu.

Kapolres menambahkan bahwa pada hari kedua pelaksanaan pemeriksaan selektif ini petugas gabungan menargetkan swab antigen terhadap 55 warga luar kota Klaten. Sekitar 1 jam pelaksanaan petugas sudah berhasil melakukan swab antigen terhadap 5 pengendara dari luar daerah.

“Sementara 5 orang yang sudah kita tes, dan Alhamdulillah hasilnya semua non reaktif,”ungkap Kapolres Klaten.

Selain melaksanakan swab antigen, para petugas gabungan juga terlihat melakukan pembagian 1600 masker kepada para pengendara yang akan memasuki wilayah Kabupaten Klaten. Hal ini sesuai instruksi Kapolri dan Panglima TNI terkait PPKM berbasis mikro.

Agus, salah seorang pengendara yang diminta  tes swab antigen menyatakan mendukung langkah yang diambil Polres Klaten. Menurutnya kegiatan ini sangat positif karena bisa meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan. Agus kemudian memberikan pesan kepada masyarakat lainnya untuk selalu taat menjalankan aturan pemerintah agar terbebas dari covid-19.

“Selama ini saya dan keluarga selalu taat anjuran pemerintah. Ternyata memang benar jika kita mematuhi protokol kesehatan hasilnya negatif,”kata Agus.(ksd/humas res)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar