Search

Pemkab Klaten Targetkan 2,2 Ribu Bayi Terima Imunisasi PCV

BERITA KLATEN – Pemerintah Kabupaten Klaten dalam rangka melindungi anak dari bahaya pneumonia dengan menargetkan 2,2 ribu bayi dan balita terima imunisasi PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine). Hal tersebut ditandai oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani melakukan peluncuran imunisasi PCV gratis, di Puskesmas Polanharjo, Selasa, (01/11/2022).

Pemberian imunisasi tersebut dihadiri Bupati Klaten, Ketua TP PKK, Kepala OPD, Ketua MUI, Camat Se-Kabupaten Klaten, Kepala Puskesmas se- Kabupaten Klaten, dan balita serta orangtua yang menerima imunisasi.

“Peluncuran imunisasi PCV ini guna mengantisipasi radang paru-paru (Pneumonia) pada anak di  Kabupaten Klaten. Sasarannya sekitar 2.223 anak yang tersebar di 26 kecamatan, desa/kelurahan. Hari ini kita launchingkan di Puskesmas Polanharjo,”ungkap Bupati Klaten, Sri Mulyani saat acara peluncuran imunisasi PCV.

Ia juga menyebut mulai tanggal 2 Oktober 2022 lalu,  imunisasi PCV sudah dilaksanakan di Kabupaten Klaten, sehingga perlu adanya sosialisasi oleh Kepala Puskesmas dan Dinas Kesehatan kepada orangtua yang memiliki bayi di 34 Puskesmas se-Kabupaten Klaten, yang telah melakukan imunisasi PCV tanpa dipungut biaya.

Ia membeberkan bahwa di Kabupaten Klaten sampai pada bulan September  2022 terdapat sejumlah 929 kasus pneumonia dan 4 kasus  meninggal dunia, sehingga perlu adanya komitmen bersama terhadap pelaksanan PVC di Kabupaten Klaten.

“Untuk  mengantisipasi, agar  tidak  fatal terjadi kepada anak-anak, Pemerintah Kabupaten Klaten mencanangkan imunisasi PCV yang hari ini kita launching. Selain itu perlu percepatan kaitannya dengan imunisasi-imunisasi lain yang dibutuhkan oleh anak-anak kita yang usianya dari nol sampai lima tahun harus diperhatikan oleh orangtua. Agar anak-anak sehat dikemudian hari, menjadi SDM yang berkualitas dan menjadi generasi penerus Kabupaten Klaten, Indonesia yang handal,”ujar Bupati Sri Mulyani.

Usai meluncurkan vaksinasi PCV, Bupati Klaten menyaksikan dan menggendong salah satu bayi dari Kecamatan Polanharjo yang menerima vaksin yakni Rafisqy Faheel Nugroho. Rafisqy adalah bayi berusia dua bulan, yang merupakan anak laki-laki dari pasangan Endah Eva Cahyanti dan Singgih Nugroho.
Saat Endah Eva C (38th) ditemui Tim Diskominfo Klaten, ia mengatakan bahwa bayinya lahir pada tanggal 16 Agustus 2022, berat badan 3,47 gram, panjang 51 Cm, karena itu bayinya sudah boleh  mendapatkan imunisasi gratis. Endah Eva mengaku sempat takut dengan imunisasi PCV, tetapi setelah ada penjelasan dari petugas Puskesmas Polanharjo, Endah menjadi tidak takut, dan  merasa tenang.

“Semoga kedepan bayinya, Rafisqy, akanq sehat terus, tidak ada penyakit,”katanya.

Dilansir dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, dr Cahyono hingga tanggal 29 Oktober 2022, data sasaran bayi yang sudah dilakukan imunisasi PCV mencapai 1.515 bayi,  sekitar 67,85%.

Penulis: ttr-kominfo/klt

Editor: ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar