Search

Pengurus PMI Klaten Ode 2022 – 2027 Dilantik, Rencanakan Pengadaan Alat Medis Darah Sesuai Sertifikasi CPOB

BERITA KLATEN – Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten Periode 2022-2027 hasil Musyawarah Kabupaten (Muskab) PMI Klaten, Selasa (11/10/2022) lalu, resmi dilantik oleh Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana di Hotel Grand Tjokro Klaten, Jawa Tengah, Rabu (18/10/2022) pagi.

Pelantikan pengurus PMI Klaten dihadiri  Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani. Program kerja pengurus PMI Klaten lima tahun ke depan antara lain memprogramkan Unit Donor Darah (UDD) PMI Klaten, pengadaan alat medis untuk pengolahan darah sesuai sertifikat Cara Pembuatan Obat yang Baik (CPOB) yang ditetapkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI, sehingga PMI Klaten mampu melakukan pengolahan darah yang mencapai standar mutu dan keamanan sesuai aturan dari menteri kesehatan (Permenkes).

“Alhamdulillah sebelum pelantikan pengurus PMI Klaten Periode 2022-2027 sudah audiensi pada Bupati Klaten Ibu Hj Sri Mulyani, terkait pengadaan alat agar UDD PMI Klaten mampu melakukan pengolahan darah secara mandiri sesuai CPOB. Hasilnya Ibu Bupati Klaten merespon rencana PMI Klaten untuk pengadaan alat pengolahan darah sesuai CPOB,” kata Ketua PMI Klaten Periode 2022-2027,  H Purwanto AC,  kepada wartawan seusai pelantikan.

Dikatakan, saat ini PMI Klaten dengan dukungan dari PMI Provinsi Jawa Tengah, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, baru mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu melaksanakan pengolahan darah sesuai ketentuan CPOB. Sehingga pada saatnya nanti peralatan medis untuk pengolahan darah sesuai ketentuan CPOB, pengadaannya sudah siap.  SDM yang melaksanakan pengolahan darah sesuai ketentuan CPOB juga sudah tersedia.

“Penyediaan SDM unit donor darah dan pengadaan peralatan medis untuk pengolahan darah sesuai ketentuan CPOB ini sangat penting, karena kalau PMI Klaten belum bisa melakukan pengolahan darah sesuai CPOB, maka pengolahan darah yang akan digunakan pasien harus dibawa ke PMI Solo, PMI Semarang atau ke PMI Banyumas. Karena di Jateng baru ada tiga PMI tersebut yang bisa mengolah darah sesuai CPOB,” tegas H Purwanto.

Bupati Klaten, Hj Sri Mulyani, SM dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Klaten mengucapkan selamat kepada pengurus PMI Klaten Periode 2022-2027 yang telah dilantik dan mengucapkan terimakasih kepada Pengurus PMI Klaten Periode 2017-2022 yang telah melaksanakan tugas dengan baik.

“Pemkab Klaten juga menyambut baik rencana PMI Klaten yang memprogramkan untuk melengkapi Unit Donor Darah dengan peralatan medis yang mampu mengolah darah sesuai CPOB,” katanya.

“Harganya saya kira cukup 500 juta saja, ini alat untuk mengolah darah sesuai ketentuan CPOB, ternyata harganya Rp2 miliar. Maka semoga bisa dianggarkan pada APBD Perubahan Tahun 2023 yang akan datang,” kata Bupati Sri Mulyani Klaten, Hj Sri Mulyani.

Seraya menyatakan, apalagi Ketua Dewan Kehormatan PMI Klaten, Pj Sekda Klaten, Bapak Jajang Prihono, Insya Allah bisa terwujud karena untuk melayani kebutuhan darah sesuai standar kesehatan bagi rakyat Klaten.

Ketua PMI Jateng, Sarwa Pramana dalam sambutannya mengapresiasi semangat pengurus PMI Kabupaten Klaten untuk pengadaan alat medis guna pengolahan darah sesuai ketentuan CPOB, sehingga dapat cepat melayani kebutuhan darah masyarakat. PMI Klaten juga dapat memprogramkan peningkatan Poliklinik menjadi rumah sakit bekerjasama dengan Pemkab Klaten, maupun pembangunan poliklinik di kecamatan yang masih kekurangan layanan kesehatan.

PMR Sekolah
Ketua PMI Klaten, Drs H Purwanto AC, MSi pada kesempatan tersebut juga menjelaskan, program kerja PMI Klaten lainnya untuk lima tahun ke depan diantaranya menggerakkan kembali Palang Merah Remaja (PMR) di sekolah-sekolah mulai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), SD, SMP, hingga SMA/SMK. Tujuannya melatih sejak dini anak-anak agar muncul dan tumbuh rasa kemanusiaannya seperti peduli sesama, suka menolong dan siaga bencana.

Pengurus PMI Klaten yang dilantik terdiri dari Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Klaten Periode 2022-2027. Dewan Kehormatan PMI Klaten antara lain  Ketua Jajang Prihono,   dengan 4 anggota yakni Dr Wardani Sugiyanto,  Moch Nasir,  Muh Himawan Purnomo,  dan H Bambang Sulistyanto.

 

Kemudian jajaran pengurus PMI Klaten Periode 2022-2027 yang dilantik terdiri dari Pelindung adalah Bupati Klaten, Ketua Drs H Purwanto AC, Ketua Bidang Organisasi SDM, PSD dan Infokom ialah Tulus Yunianto, Wakil Ketua Bidang Organisasi SDM, PSD dan Infokom adalah Wahyu Sugiharja,  Ketua Bidang PB, Diklat, Pembinaan Relawan dan PMR ialah Raharjo Budi Setiyono, Wakil Ketua Bidang PB, Diklat, Pembinaan Relawan dan PMR ialah Kamidi, Ketua Bidang Kesehatan dan UDD dr Andi Markoco, Wakil Ketua Bidang Kesehatan dan UDD adalah Edi Sutopo.

Kemudian Sekretaris Agus Suprapto, Wakil Sekretaris  Sumariyata, Bendahara, Yuli Budi Susilowati, dan Wakil Bendahara adalah Titin Windiyarsih.

Pelantikan pengurus PMI Kabupaten Klaten periode 2022-2027  dimulai pukul 09.35  juga dihadiri Forkopimda Klaten, perwakilan pengurus PMI se Solo Raya, jajaran camat se Kabupaten Klaten, Ketua PMI kecamatan se Klaten, dan perwakilan relawan dari SAR, ORARI, dan RAPI Wilayah Kabupaten Klaten. (ksd/*).

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar