Search

Pentas Drama Musikal Indonesia Rumah Kita Oleh Sekolah Krista Gracia Menguak Sejarah

BERITA KLATEN – Drama musikal  bertajuk Indonesia Rumah Kita yang dimainkan oleh para siswa Sekolah Krista Gracia di Auditorium Sekolah Dasar Krista Gracia di Klaten, Jawa Tengah, Sabtu petang (2/3/2024)  menguak sejarah Indonesia.

Pentas drama musikal yang diselenggarakan oleh para siswa Sekolah Krista Gracia di Klaten mengambil tema keberagaman nasionalisme. Cerita pentas drama musikal tersebut sarat akan ajakan menjunjung tinggi rasa toleransi pada sesama manusia, termasuk  suku  kaum minoritas yang berada di Klaten.

Ketua panitia pentas drama musikal Sekolah Krista Gracia Kris Setyanto pada wartawan mengatakan hampir selama 4 tahun Sekolah Krista Gracia vakum gelar pentas seni sekolah.  Sejak produksi  “Lion King” tahun 2019 belum ada lagi pentas seni, karena Covid-19.

Setelah melewati masa pandemi kini hadir kembali eksistensi pesta seni yang menjadi ikon dan deferensiasi Sekolah Krista Gracia di bidang pengembangan seni budaya.

Seiring dengan perkembangan dan dinamika dunia pendidikan di tanah air dimana Merdeka Belajar menjadi jargon dan sebuah sistem pendidikan yang baru bagi institusi sekolah dan mengelola dan menyelenggarakan pendidikan, maka kegiatan seni menjadi media pembelajaran yang tepat untuk lakukan praktik melalui pembelajaran berbasis proyek.

Penerapan Project Based Learning (PjBL) dalam pentas seni terlibat langsung dalam penggarapan pementasan.

Ditekankan Kris Setyanto, kegiatan pentas seni tahun 2024 mengambil tema keberagaman dan nasionalisme yang dikemas dalam bentuk drama musikal bertajuk “Indonesia Rumah Kita”. Untuk menghasilkan nilai pentas drama musikal yang baik, Sekolah Krista Gracia menggandeng/melibatkan institusi seni yakni ISI Jogyakarta. Penggarapan pentas seni drama musikal sangat apik, spektakuler, serta sarat nilai-nilai pluralisme yang  layak ditonton.

Kris Setyanto juga sebagai Kepala SMP Krista Gracia, mengatakan pentas seni drama musikal dilaksanakan oleh para siswa Sekolah Krista Gracia.  Baik yang peran pemain, property, juga IT, dan lainnya. Pentas seni drama musikal melibatkan siswa dari kelompok bermain (KB), TK, SD, dan SMP.

Aileen Amanda Nathania kelas 9B SMP Krista Gracia memaparkan sinopsis, Lydia, seorang pelajar SMP di kota Klaten tahun 1995.

Pementasan drama musikal oleh Sekolah Krista Gracia di Klaten yang apik dan spektakuler didukung juga tata panggung dan tata cahaya (lighting)  ditonton langsung  seribuan orang di gedung auditorium sekolah setempat ini juga didukung oleh Singgih Sanjaya sebagai compuser, Arranger, dan Conductor. Tidak ketinggalan peran Erlina Pantja S sebagai konsultan para mahasiswanya yang mendampingi menari para siswa Krista Gracia. Nama Toet Suharyan sangat berperan sebagai sutradara pentas drama musikal.

Edy Sulistyanto sebagai Litbang Sekolah Krista Gracia di Klaten menjawab pertanyaan wartawan mengenai harapannya adanya pentas Drama Musikal Indonesia Rumah Kita, ia antara lain mengatakan misi pentas ini sangat sarat makna. Ada narasi sejarah yang terpinggirkan. Dalam drama musikal akan dimunculkan, sedikit akan menguak.  Generasi muda agar tahu sejarah. “Jan-janne piye tow bangsa Indonesia, sedikit menguak saja,”tutur Edy Sulistyanto.(ksd/*)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar