Penyintas Kanker Payudara Kumpul Berjuang Saling Menguatkan

BERITA KLATEN – Sejumlah 43 wanita penyintas kanker payudara berkumpul di Rumah Makan Banyu Oerip Klaten Tengah, Klaten, Jawa Tengah  mendengarkan arahan dari dr  Aria Nindito Specialis Bedah Onkologi, Senin (31/10/2022) siang.

Hadir juga dalam pertemuan tersebut dr Sekar Biantra atau biasa dipanggil dr Eca Specialis Gizi yang bertugas di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro dan di RSU Islam Klaten Utara.

Dalam kesempatan pertemuan tersebut dr Aria menyampaikan pengantar diadakannya pertemuan para penyintas penderita kanker payudara. Menurut dr Aria bulan Oktober merupakan kewasdaan kanker payudara ( Breast Cancer Awareness Mont).  Karena dr Aria yang mendampingi dan mengobati para pasien penderita kanker payudara yang berobat di RS Dr Soeradji Tirtonegoro.  Dalam mengumpulkan penyintas  kanker payudara dr Aria selalu memberi arahan dan tip-tip untuk pengobatan.

Dokter Aria dalam menyampaikan presentasi di hadapan para penyintas kanker payudara antara lain mengungkapkan bila ditengarai sakit kanker agar melakukan deteksi dini. Biasanya wanita yang menderita kanker payudara akan depresi, takut, merasa bersalah, khawatir, dan perasaan lainnya.

Dengan adanya pertemuan rutin bagi para penderita atau penyintas kanker akan membangun teman seperjuangan, maka hidupnya akan saling memperhatikan. Karena saling menguatkan maka akan ada upaya bersemangat yang tinggi dapat membahagiakan. Prinsip saling menolong demi kebahagiaan bersama akan selalu digelorakan. Maka dalam komunitas penyintas kanker payudara ada aktivis relawan yang memperhatikan anggota komunitas tersebut.

Sedangkan dr Eca Specialis Gizi menyampaikan mengenai menu makanan yang mesti dikomsumsi bagi penderita berbagai penyakit kanker. Menurut dr Eca makanan yang mengandung bumbu masak motto atau mechin mesti dijauhi. Termasuk bagi yang sehat juga tidak baik mengkomsumsi moto. Disarankan dalam mengkomsumsi makanan yang berimbang, dan tidak sembarang makan makanan.

Dokter Aria mengungkapkan, di RS Dr Soeradji Tirtonegoro sudah melayani jenis penyakit kanker, ialah kanker payudara, kanker darah, kanker leher, juga kanker getah bening.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia