Search

Perayaan Natal Umat Kristiani Klaten Semarak, Dihadiri 2.700-an Umat

BERITA KLATEN – Perayaan Natal 2022 Umat Kristiani KKR Akbar Pemuda Remaja se-Kabupaten Klaten yang tergabung dalam Forum Kerja Sama Eklesia Gereja-gereja di Kabupaten Klaten diselenggarakan di GOR Gelarsena Klaten, Jawa Tengah dihadiri 2.700-an umat Kristiani, Jumat (13/1/2023) sore.

Ketua Panitia Perayaaan  Natal Umat Kristiani KKR Akbar Pemuda Remaja, Pendeta Dr Mit Dwikoryanto M.Pd diwawancarai di sela-sela kesibukan Perayaan Natal tersebut antara lain mengungkapkan Perayaan Natal ini diikuti 148 Gereja Kristen Protestan dan Gereja Katolik yang ada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Pendeta Mit Dwikoryanto menjelaskan prosesinya dilaksanakan Perayaan Natal Umat Kristiani lebih dulu, kemudian diteruskan KKR bagi kaum pemuda remaja. Penyalaan lilin yang dibarengi dengan nyanyian Malam Kudus dilakukan oleh perwakilan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, anggota DPR, perwakilan Kapolres, perwakilan Kodim, dari Kemenag, Terang Ministeri, FKUB, PGPI, API, dari Katolik, PPHTGD, dan dari APIUS.

Pendeta Mit Dwikoryanto  menuturkan sejumlah 150 gereja tergabung dalam Forum Kerjasama Eklesia Gereja-gereja (FKG) Kabupaten Klaten. Dari gereja-gereja ada perwakilan umat yang diundang mengikuti Perayaan Natal Umat Kristiani Kabupaten Klaten. Undangan melalui tertulis dan medsos.

Menurut Pendeta Mit Dwikoryanto tema Perayaan Natal tersebut adalah Raise Up The Next Generation terjemahannya Membangkitkan Generasi Penerus. Ia antara lain menjelaskan kaum muda potensinya  perlu dimaksimalkan.  Jaman sekarang kaum muda tantangannya semakin berat. Maka kaum muda Kristiani perlu dipersiapkan segi iman, mental, dan ketrampilan dalam menghadapi jaman sekarang. Kaum muda Kristiani di Kabupaten Klaten harus dapat menjadi berkah bagi masyarakat Klaten. Pendeta Mit Dwikoryanto menegaskan  generasi muda harus mengikuti jejak semangat Yusup, Daniel, dan Ester. Firman Tuhan atau kotbah dibawakan oleh Pastur EV Fendi Yanto dari Terang Minesteri Jakarta

“Untuk pengamanan Perayaan Natal Umat Kristiani Kabupaten Klaten terdiri dari Polres, Kodim, Banser, Kokam, Ormas Kristen, juga dari tim pengamanan dari masing-masing gereja. Seperti Kompak dari Gereja Katolik Paroki Wedi,  Krido Tumelung dari GKJ Wedi. Untuk pengamanan ada 300-an personil. Jadi keseluruhan yang ada di GOR Gelarsena ada 3.000-an orang,”tutur Pendeta Mit Dwikoryanto.

Pantauan Berita Klaten.com untuk pengamanan juga melibatkan organisasi radio dari Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan ORARI.

Pendeta Mit Dwikoryanto selaku Ketua Panitia Perayaan Natal Umat Kristiani Kabupaten Klaten dan KKR Kaum Muda Remaja dalam sambutannya antara lain mengucapkan selamat datang pada seluruh tamu Pejabat Kabupaten Klaten, seluruh Umat Kristiani, dan lainnya. Pendeta Mit Dwikoryanto juga mengucapkan terima kasih atas diijinkannya mengadakan Perayaan Natal di Gedung Olah Raga (GOR) Gelarsena Klaten.

Pejabat Kabupaten Klaten yang hadir dalam Perayaan Natal tersebut antara lain Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Klaten, Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo, dari Kodim, Polres, perwakilan dari masing-masing agama, perwakilan FKUB Kabupaten Klaten, anggota DPRD Klaten, juga anggota DPRD dari Provinsi Jawa Tengah, dan tamu undangan lainnya.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya antara lain mengungkapkan  pembangunan sarana prasarana yang ada di Kabupaten Klaten. Pembangunan Alun-alun Klaten yang sudah rampung, pembangunan Gedung Ir Soekarno yang diresmikan oleh Ketua DPR RI Mbak Puan Maharani, pembangunan pasar tradisional semi modern yang sudah akan rampung. Insya Allah akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada bulan April yang akan datang.  GOR Gelarsena juga akan direnovasi dengan pagu anggaran Rp10 miliar. Bupati Hj Sri Mulyani mohon doa dari Umat Kristiani agar Bupati Sri Mulyani diberi berkah kesehatan dan dimampukan. Bupati Hj Sri Mulyani  mengatakan perbedaan itu indah, karena itu Bupati Sri Mulyani selalu mendengarkan apa yang dikatakan oleh umat Kristiani di Kabupaten Klaten.  Bila ada sesuatu agar menyampaikan pada Bupati Klaten Hj Sri Mulyani. Ia juga mempersilahkan Umat Kristiani Klaten bila akan menggunakan Gedung Ir Soekarno.

Bupati Sri Mulyani juga memberi atensi pada kelompok Vocalista Angels. Ia memuji Vocalista Angels yang telah sukses menjadi juara dunia. Menurut Bupati Hj Sri Mulyani Vocalista Angels mengangkat nama Kabupaten Klaten, bahkan Negara Indonesia. Menurutnya, Vocalista Angels menjadi asset Kabupaten Klaten.

Pantauan Berita Klaten.com Perayaan Natal Umat Kristiani Kabupaten Klaten terasa meriah. Pujian-pujian yang dilantunkan oleh Vocalista Angels terasa khidmat dan semarak. Para kaum muda remaja juga mengalunkan pujian-pujian pada Allah penuh semangat.

Petugas keamanan dari Polres, Kodim, Banser, Kokam, tim pengamanan dari gereja-gereja, juga dari RAPI, dan ORARI nampak berjaga di luar GOR Gelarsena.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar