Search

Peresmian Prasasti IKASMADA Klaten & Sekolah Penggerak SMA Negeri 2 Klaten

BERITA KLATEN – Prasasti IKASMADA Klaten & Sekolah Penggerak SMA Negeri 2 Klaten diresmikan oleh Kepala SMA Negeri 2 Klaten Suharjo dan Ketua IKASMADA Klaten Prof Suratman, Rabu (20/12/2023).

Peresmian dua prasasti ialah Prasasti IKASMADA Klaten dan Prasasti Sekolah Penggerak SMA Negeri 2 Klaten ditandai dengan penandatanganan oleh Ketua IKASMADA Klaten Prof Suratman, Ketua  Paguyuban Purna Wira Sugiri, dan Kepala SMA Negeri 2 Klaten Suharjo. Prasasti tersebut akan dipasang pada batu  yang ada di sisi kanan dan sisi kiri lokasi dalam area SWALIBA SMA Negeri 2 Klaten. Filosofi Prasasti IKASMADA dengan konsep lingga joni menjadi kokoh berdirinya IKASMADA.

Dua Prasasti berdiri kiri dan kanan menggambarkan SMADA pelopor pejuang pembelajaran mulia untuk kehidupan dunia dan akhirat.

Suharjo mengawali sambutannya dalam momentum prosesi peresmian dua prasasti tersebut antara lain memotivasi para siswa agar rajin belajar dan terus berjuang untuk menggapai cita-cita. Menurut Suharjo kualitas SMA Negeri 2 Klaten sama dengan SMA Negeri 1 Klaten. Ada 2 orang siswa yang diterima di kedokteran lewat jalur SNBT, dan rekapan Suharjo ada 140 orang diterima di perguruan tinggi negeri.

Mengenai akan diadakannya  expo di SMA Negeri 2 Klaten, Suharjo pesan pada para siswa agar ikrar jaga nama baik Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 2 Klaten yang berada di Jalan Jogya – Solo Km 3, Klaten, Jawa Tengah.

Sehubungan dengan diresmikannya 2 Prasasti IKASMADA Klaten dan Sekolah Penggerak SMAN 2 Klaten, Suharjo menuturkan sebagai  kontribusi IKASMADA dan ucapan terima kasih IKASMADA pada almamater yang belajar di SMA Negeri 2 Klaten dan merupakan bentuk perpaduan “Nyawiji Anggayuh Mukti” menuju mercu suar SMA Negeri 2 Klaten, sehingga SMA Negeri 2 Klaten lebih hebat, kuat, dan bermartabat.

Ketua IKASMADA Klaten Prof  Suratman dalam sambutannya antara lain mengungkapkan rasa bangga menjadi alumni SMA Negeri 2 Klaten. Prof Suratman menyampaikan pengalamannya waktu sekolah di SMA Negeri 2 Klaten. Ketika masih sekolah penuh perjuangan menghadapi resiko, bagi Prof Suratman merupakan survive dalam perjuangannya ketika masih sekolah di SMA Negeri 2 Klaten.

Harapannya SMA Negeri 2 Klaten dapat go Internasional tetapi jangan meninggalkan kearipan lokal. SMA Negeri 2 Klaten merupakan istana keilmuan juga istana kearipan, yang menjadikan siswa beraklak mulya dan intelek tinggi. Prof Suratman menegaskan sikap radikalisme tidak boleh masuk SMA Negeri 2 Klaten.

Ketua Purna Wira Sugiri, dalam sambutannya mengatakan bahwa SMA Negeri 2 Klaten berdiri pada tanggal 15 Agustus 1965. Sugiri juga  mengatakan dan menginformasikan kondisi politik Negara Indonesia pada tahun 1965. Karena itu, muncul sengkolo tembung ukoro Satoto Ngrekso Songsong Negoro untuk SMA Negeri 2 Klaten. Kata nyawiji dimaksudkan mempunyai arti menyatu bagi Sekolah, Alumni, dan Purna Wira.

Seremoni peresmian Prasasti IKASMADA Klaten dan Sekolah Penggerak SMA Negeri 2 Klaten dihadiri Forkompimca Klaten Selatan, Kades Trunuh M Sulaiman, Ketua Komite SMA Negeri 2 Klaten Matno, pengurus IKASMADA Klaten, Pengurus Purna Wira, anggota DPRD Provinsi Jateng Kadarwati, Ketua DPRD Klaten Hamenang Fajar Ismoyo, dan tamu undangan lainnya. Dua prasasti tersebut ditandatangani pada tengah hari tepat matahari bersinar berada di atas kepala. Selesai seremoni peresmian dua prasasti ditutup dengan doa.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar