Search

Peringatan Maulud Nabi Muhammad, Sekda Klaten Ajak Umat Muslim Teladani Rasulullah

BERITA KLATEN – Ribuan jamaah mengikuti pengajian akbar bersama KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq) di Masjid Agung Al Aqsa Klaten, Minggu (6/10/2024).

Pengajian ini digelar dalam rangka memperingati maulud Nabi Muhammad SAW tahun 1446 H tingkat Kabupaten Klaten. Dalam sambutannya, Bupati Klaten, Sri Mulyani yang diwakilkan Sekda Klaten, Jajang Prihono mengajak seluruh umat Muslim di Kabupaten Klaten menjadikan peringatan maulud Nabi Muhammad SAW bukan hanya kegiatan tahunan dan menjadi seremonial semata. Menurutnya peringatan maulud Nabi Muhammad SAW merupakan kesempatan mengambil suri tauladan kehidupan sehari-hari Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT.

“Peringatan maulid Nabi Muhammad SAW ini seyogianya mampu menghadirkan kembali nilai-nilai kehidupan yang sesuai dengan ajaran Islam yang dibawa Nabi Muhammad SAW dalam berbagai aspek kehidupan. Nabi Muhammad SAW merupakan suri tauladan yang lengkap dalam menjalani kehidupan kita, bukan hanya dalam hal ibadah, namun juga sosial, hingga hubungan berpolitik,” paparnya.

Jajang menambahkan, dengan meneladani suri tauladan kehidupan Nabi Muhammad SAW, diharapkan kehidupan masyarakat di Klaten menjadi lebih tentram. Salah satunya adalah membangun tatanan kehidupan bernegara yang adil dan sejahtera dengan mengembangkan tradisi musyawarah untuk mufakat di Kabupaten Klaten.

“Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama meningkatkan persaudaraan di antara sesama umat manusia, khususnya di antara kita sebagai umat Muslim. Hal ini sangat penting karena kerukunan dan keutuhan umat adalah modal utama bagi kita dalam membangun harapan masyarakat Kabupaten Klaten, Kabupaten Klaten yang maju, mandiri, dan sejahtera,” ungkapnya.

Usai sambutan Bupati yang disampaikan Sekda Klaten, agenda dilanjutkan dengan ceramah yang disampaikan Wakil Ketua Baznas Klaten, KH Aidi Sunani tentang sejarah peringatan maulud Nabi Muhammad SAW.
Selanjutnya, ceramah dilanjutkan KH Ahmad Muwafiq selaku penceramah utama. Dalam nasehatnya, Gus Muwafiq menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW sebagai utusan Allah SWT merupakan sosok yang lengkap untuk diteladani. Bukan hanya sebagai figur manusia yang taat kepada Allah, namun juga figur kehidupan umat itu sendiri.
Kegiatan ditutup dengan doa bersama umat Muslim yang mengikuti pengajian secara langsung maupun daring melalui tayangan langsung di kanal YouTube Diskominfo Klaten.

Penulis: mif-ang/Kominfo-klt

Editor : P.Kusdinarno

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar