Search

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, FSST Klaten Gelar Tari Nusantara

BERITA KLATEN – Forum Silahturami Sanggar Tari (FSST) Klaten menggelar Srawung Budaya “Sandya Sani”, di halaman Sanggar Tari Sayuk Rukun Tibayan, Kecamatan Manisrenggo, Sabtu (1/10/2022). Pertunjukan seni budaya tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022.

Ketua FSST Klaten Marta Endang Wartuti mengatakan kegiatan yang digelar di halaman Sanggar Tari Sayuk Rukun Tibayan, Jatinom tersebut, diisi dengan pertunjukan tari budaya nusantara. Pagelaran ini merupakan sebuah gagasan sekaligus manifestasi kebersamaan melalui seni tradisi terutama tari yang dalam hal ini berkolaborasi dengan 15 sanggar tari yang ada di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Ia berharap dengan proses yang sudah dilalui dari perbedaan latar belakang, usia, ataupun keterampilan dalam menari

“Sangat membahagiakan sekali dan semoga dapat membentuk karakter mereka untuk semakin bersatu, bergotong royong dalam membangun bangsa ini,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua FSST Jawa Tengah Yoyok Bambang Priyambodo, Disbudparpora Kabupaten Klaten Sri Nugroho. Dalam kesempatan tersebut, Sri Nugroho mengapresiasi pelaku seniman-seniwati yang sudah terbentuk dalam sanggar tari guna lebih baik dan bangkit kembali setelah dua tahun tidak ada kegiatan akibat pandemi Covid-19.

“Mari kita bersama-sama memberikan edukasi kepada anak-anak bangsa dengan seni budaya yang dapat merangkul kebersamaan seperti negara kita Republik Indonesia yang etis  selalu membumikan tentang adanya budaya di Indonesia khususnya di Klaten dengan kerukunan, gotong royong, kekompakan kita sehingga dapat menghasilkan yang terbaik untuk budaya tentunya yang ada di Kabupaten Klaten,”paparnya.

Sebagai penutup acara, ditampilkan tari kolosal  dari Sandya Sani yang mencerminkan tentang pemersatu bangsa, yang berasal dari kata Ingsun Hamukti Palapa dari Sumpah Palapa berkolaborasi dengan beberapa tarian khas daerah, seperti Jawa, Sunda, dan Papua.

Penulis: sin-ang/Kominfo-klt

Editor: ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar