Search

Polres Klaten Jajag Ukur Kinerja Indeks Tata Kelola Online

BERITA KLATEN – Polres Klaten melaksanakan kegiatan jajag ukur atau pengukuran kinerja pada Indeks Tata Kelola Online (ITK-O) di Aula Mapolres setempat, Rabu (26/10/2022).

Kegiatan pengukuran kinerja dipimpin oleh Kabag Ren Polres Klaten Kompol Siti Aminah, dihadiri para responden ITK-O baik internal Polres Klaten dan eksternal dari berbagai latar belakang seperti akademisi, instansi pemerintahan di Kabupaten Klaten, toga-tomas, LSM dan perwakilan media.

Dijelaskan oleh Kompol Siti Aminah pelaksanaan Tata Kelola Online (ITK-O) Polri ini dilakukan sebagai instrumen mengukur kinerja Polri dalam mewujudkan tata kelola kepolisian. ITK-O sudah disesuaikan dengan standar World Policing Governance yakni standar kompetensi, standar keadilan dan akuntabilitas, standar perilaku dan transparansi, dan standar efektifitas.

“Untuk mencapai sasaran reformasi birokrasi Polri dalam mewujudkan aparatur Polri yang bersih bebas dari KKN. peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan kapasitas dan akuntabilitas kinerja Polri. Sekaligus menjadi alat penggerak revolusi mental dalam menciptakan aparatur Polri yang profesional dan humanis.”ungkap Kompol Siti Aminah.

Dalam penilaian ITK-O Polres Klaten tahun 2022 bekerja sama dengan Universitas Widya Dharma Klaten sebagai tim penilai. Rektor Unwidha Prof. Dr. Triyono, dalam sambutannya mengatakan bahwa hasil dari penilaian ITK-O ini reliabel, sehingga dapat dibandingkan antara polres yang satu dengan polres yang lainya. Dari hasil penilaian ini bisa digunakan sebagai acuan untuk meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas, birokrasi yang efektif dan efisien.

Hasil dari ITK-O akan digunakan sebagai landasan untuk mengambil kebijakan sekaligus sebagai alat untuk membandingkan karena menggunakan instrumen yang sama jadi istilahnya itu objektif, terukur, reliabel.

Dalam pengukuran indeks persepsi ITK-O Polres Klaten, para responden mengisi kuisioner secara online. Beberapa aspek yang dinilai antara lain kondisi sosial politik wilayah, managemen sumber daya manusia, interaksi antar satuan fungsi serta pengendalian gratifikasi. Data responden ini merupakan salah satu komponen penilaian dalam ITK-O selain itu masih ada komponen lain yaitu pengumpulan data obyektif dan observasi sebagai media untuk jajag ukur kinerja Polres Klaten.(ksd/humas rest)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar