Search

Polres Klaten Ungkap Pencuri Uang Infak

BERITA KLATEN – Polres Klaten berhasil mengungkap kasus pencurian uang infak puluhan masjid di wilayah Kabupaten Klaten. Hal itu dikatakan Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo melalui Kasat Reskrim AKP Guruh Bagus Eddy di  Mapolres Klaten, Jawa Tengah Kamis (28/10/2021).

Saat konferensi  pers Kasat Reskrim mengatakan pengungkapan kasus ini berawal dari banyaknya informasi tentang pencurian uang infak di beberapa masjid di Kab. Klaten. Informasi tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan upaya penyelidikan. Selanjutnya  berhasil mengungkap pelaku berinisial M (20 th) warga Kecamatan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah.

“Kita mendapatkan banyak informasi pencurian kotak amal yang ada di wilayah hukum Polres Klaten. Kemudian kami melakukan  penyelidikan, dan berhasil  menangkap 1 orang pelaku yang kebetulan sedang melakukan  mencuri salah satu kotak amal masjid di Karanganom dan kita amankan pelaku tadi pagi,”ungkap Kasat Reskrim.

Dari pengakuan pelaku bahwa selama ini sudah melakukan pencurian uang infak masjid lebih dari 20 tempat kejadian perkara (TKP). Modusnya sama yaitu dengan memantau kondisi masjid, apabila dirasa sepi dan aman pelaku kemudian  masuk dan mencongkel kotak infak. Dari 20-an di TKP itu kerugian yang ditimbulkan tersangka jumlahnya mencapai sekitar Rp 8 juta.

“Pengakuan tersangka sendiri  hingga saat ini masih kita kembangkan. Menurutnya ada sekitar 20 TKP lebih tersangka telah melakukan aksinya,”jelas AKP Guruh Bagus Eddy.

Tersangka M saat ditanya motifnya melakukan pencurian yaitu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ia mengaku mulai mencuri sejak awal tahun 2021.

Karena  perbuatannya, tersangka  diancam pasal 362 jo 364 KUHP. M sekarang dtahan di Polres Klaten. (ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar