Pramuka Diajak Untuk Menunjukkan Bhaktinya

 19 total views,  1 views today

BERITA KLATEN – Ketua Kwarcab Pramuka Klaten Hamenang Wajar Ismoyo dalam peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka tingkat Kabupaten Klaten, Sabtu (14/8/21) mengajak seluruh insan pramuka tetap menunjukkan baktinya kepada yang membutuhkan bantuan, sekaligus prihatin dan berusaha membantu menanggulangi pandemi Covid-19.

“Gerakan Pramuka memang bukan gerakan organisasi bantuan sosial, namun sebagaimana disebutkan dalam kode kehormatan berupa satya dan dharma pramuka, pramuka tetap menunjukkan baktinya membantu mereka yang membutuhkan bantuan,” terang Hamenang.

Ajakan ini sesuai dengan arahan presiden, selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Paramuka, untuk melaksanakan gerakan kedisiplinan nasional dengan menunjukkan perilaku mematuhi protokol kesehatan dan gerakan kepedulian nasional dengan menunjukkan sikap empati dan simpati dalam menolong kepada sesama.

“Kedua gerakan tersebut masih sangat relevan hingga saat ini, sehingga saya mengajak para pramuka dimanapun berada untuk mewujudkan dan memadukan dengan program yang merupakan inti tema hari Pramuka kita yaitu Pramuka berbakti tanpa henti,” jelas Hamenang.

Di masa pandemi ini terang Hamenang, Kwartir Nasional gerakan pramuka membentuk Satgas Penanggulangan Covid-19 dan telah melakukan berbagai kegiatan diantaranya pembagian alat pelindung diri, melaksanakan vaksinasi untuk anggota gerakan pramuka, dan kegiatan lainnya.

“Memasuki adaptasi kebiasaan baru, saya mengajak pramuka untuk menjadi duta perubahan perilaku. Diharapkan pramuka dapat menjadi contoh untuk mengubah perilaku masyarakat luas agar hidup lebih sehat dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19,” tuturnya.

“Salurkan kreativitas kakak-kakak dan adik-adik dengan membuat kegiatan kepramukaan yang tidak melanggar protokol kesehatan, namun tetap dapat diikuti dengan riang gembira. Tetap berkegiatan kepramukaan akan menumbuhkan semangat dan juga meningkatkan imunitas kita. Hal yang juga penting dalam menjaga kesehatan kita terutama dimasa pandemi Covid 19 ini,” pungkas Hamenang mengakhiri pembacaan sambutan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka.

Dihubungi terpisah usai upacara, peran pramuka dimasa pandemi ini menurut Hamenang tetap konsisten menjalankan dasa dharma pramuka dan peduli terhadap sesama serta saling membantu, sekaligus menjadi duta sosialisasi pentingnya mentaati gerakan protokol kesehatan.

“Harapan kita tentu pandemi segera berakhir dulu, sehingga kegiatan kepramukaan bisa berjalan, dan kedepan semoga semakin banyak yang bisa aktif di pramuka, sehingga gaungnya semakin besar dan tentu pramuka semakin sukses,” pungkas Hamenang.

Upacara peringatan kali ini merupakan rangkaian puncak kegiatan HUT Pramuka ke-60 tingkat Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dimana sebelumnya telah diadakan kegiatan donor darah dan donor plasma bekerjasama dengan PMI dan RSST, serta renungan ulang janji sekaligus sarasehan bersama Kwartir Ranting tingkat kecamatan. Kegiatan lainnya adalah bhakti sosial pembagian sembako kepada masyarakat terdampak PPKM dan ziarah ke makam tokoh pramuka Klaten. (ksd/ humas kwarcab pramuka klaten)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia