Search

Rakor RAPI Se Solo Raya Menjadi Forum Untuk Memecahkan Masalah

BERITA KLATEN – Rapat koordinasi (Rakor) Radio Antar Penduduk Indonesi (RAPI) se Solo Raya di Aula MTs Negeri Klaten, Jawa Tengah, Minggu (30/5/2022) menjadi forum untuk memecahkan masalah dan  menemukan solusi yang tepat.

Rakor RAPI se Solo Raya atau eks Karesidenan Surakarta  merupakan program agenda rutin yang dilaksanakan setiap tri wulan (tiga bulanan). Untuk Rakor kali ini yang dselenggarakan di MTs Negeri Klaten jatuh pada giliran Pengurus RAPI Wilayah 24 Kabupaten Klaten. Hadir dalam Rakor RAPI di Klaten tiap pengurus  wilayah diundang 3 orang, 5 orang Pengurus Daerah (Pengda) Provinsi Jawa Tengah, Pembina RAPI se Solo Raya, 3 orang pengurus dari RAPI Lokal  Klaten Timur, Lokal Klaten Tengah, dan Lokal Klaten Barat, serta Pengurus RAPI  Wilayah 24 Kabupaten Klaten.  Keseluruhan yang hadir dalam Rakor tersebut kurang lebih ada 80 orang.

.

Pengurus RAPI Wilayah yang ada di se Solo Raya adalah dari Kabupaten Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, dan Kota Madya Surakarta.  Dalam Rakor RAPI se Solo Raya di Klaten hanya  dari Kabupaten Wonogiri yang hadir seorang.

Hadir dalam Rakor RAPI se Solo Raya di Klaten Pengurus RAPI Daerah Provinsi Jawa Tengah  antara lain Ketua RAPI Daerah Haji Abdul Manan (JZ11HAM), Wakil Ketua 2 Danang Dwi Wardoyo (JZ11TCW), Wakil Sekretaris Santosa (JZ11SAA), Joko Sutrisno (JZ11BTF), dan Sulardi (JZ11KKM). Hadir  juga Pembina Wilayah se Solo Raya, Sri Mulyadi (JZ11BRM).

Ketua RAPI Wilayah 24 Kabupaten Klaten Mariadi (JZ11RMA) selaku tuan rumah, dalam sambutannya ia mengucapkan selamat datang pada peserta Rakor Pengurus RAPI se Solo Raya. Lebih lanjut ia mengungkapkan Rakor Pengurus RAPI se Solo Raya yang biasanya dilaksanakan pada malam hari, rasanya waktunya kurang panjang. Sedangkan Rakor  di Klaten ini, lanjut Mariadi,  diselenggarakan  mulai pagi/siang ini, Mariadi berharap Rakor ini betul-betul bermakna, dan tentunya berhasil guna. Dalam Rakor ini dikatakan Mariadi juga akan dirembug mengenai NCS.

Mulyadi (JZ11BRM) selaku Pembina Wilayah dalam sambutannya antara lain menuturkan agar anggota RAPI, tentunya tiap wilayah agar memberi dukungan giat RAPI Menyapa Pagi. Mulyadi menegaskan problem yang dialami wilayah supaya diatasi agar tuntas dalam Rakor hari ini.

Wakil Ketua 2 RAPI Jawa Tengah Danang Dwi Wardoyo (JZ11TCW) dalam sambutannya antara mengungkapkan bahwa dalam kepengurusan ada perubahan peran bagi Dewan Pengawas dan Penasehat Organisasi (DPPO).  Selain mengatakan  perubahan fungsi DPPO atau DP2O, Danang Dwi W juga menjelaskan mengenai organisasi RAPI yang berjenjang dari tingkat nasional, daerah, wilayah, dan tingkat paling bawah adalah lokal.  Disinggung juga adanya NCS merupakan giat organisasi. Maka,  lanjut Danang Dwi W, NCS tidak boleh berdiri sendiri. Wilayah yang ada di Solo Raya akan dijadikan sebagai pilot projeck.

Ketua Pengda RAPI Provinsi Jawa Tengah Abdul Manan, dalam sambutannya antara mengatakan akan  memberi  sertifikat pada anggota terlibat kegiatan bankom lebaran lalu.

Abdul  Manan juga menghimbau pada teman-teman, siapapun itu,  jangan biasakan  ngeshare sesuatu yang tidak untuk dishare, karena  belum  di drop ke daerah.  Karena tata tertip masih draft.  Kalau belum ada surat resmi dari pengurus di atasnya jangan dishare.

Setelah disampaikan sambutan-sambutan, kemudian dari masing-masing  wilayah menyampaikan masalah-masalah yang dialami. Ada masalah jamer, RPU yang krodit, mengurus KTA, perlu penjadwalan kegiatan untuk se Solo Raya, dan masalah lainnya.

Dalam Rakor RAPI se Solo Raya juga dibicarakan mengenai persiapan  pemberangkatan calon haji dari Asrama Haji Donohudan. Kesempatan itu juga dibentuk panitia inti untuk pemberangkatan calon haji. Untuk koordinator pemberangkatan calon haji di Donohudan adalah Ketua RAPI Wilayah 32 Kabupaten Boyolali.

Penyelenggaraan Rakor RAPI se Solo Raya dikomandani oleh Marsana (JZ11HWJ). Pada Berita Klaten.com Marsana mengatakan untuk pelaksanaan  Rakor RAPI yang hadir 80-an orang. Karena itu, menurut Marsana dipersiapkan logistik sejumlah 100-an. Ia berharap pelaksanaan Rakor RAPI se Solo Raya berjalan lancar, dan menghasilkan keputusan-keputusan demi kebaikan organisasi RAPI se Solo Raya. Rakor RAPI se Solo Raya selesai menjelang sholat magrib.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar