Search

Sabiq Muhammad Adalah Santri Yang Amanah Menjadi Kades Prawatan

BERITA KLATEN – Sabiq Muhammad (25th), adalah figur pemuda santri yang siap mengemban amanah warga masyarakat dengan dilantiknya menjadi Kepala Desa (Kades) di Desa Prawatan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Kesiapannya mengemban amanah dari warga masyarakat Desa Prawatan terungkap dalam sambutannya yang kali pertama ketika pelaksanaan serah terima jabatan (Sertijab) dari Kades yang purna tugas Haji Ali Rukminto kepada Kades yang baru Sabiq Muhammad di Aula Kantor Desa Prawatan, Jumat (29/9/2023) pagi.

Sabiq Muhammad mengawali sambutannya dengan menyampaikan salam dan doa. Kalimat-kalimat sambutan yang disampaikan Sabiq Muhammad mendapat aplaus (tepuk tangan) dari tamu undangan Sertijab Kades Prawatan.  Sambutannya mendapat respon tepuk tangan dari para tamu undangan karena  Sabiq Muhammad akan berusaha kerja keras untuk membangun Desa Prawatan, meski membangun desa bukan hal yang ringan. Untuk membangun Desa Prawatan mesti dilakukan bersama dengan Perangkat Desa  Prawatan dan juga melibatkan  semua rukun tetangga (RT) rukun warga (RW).

Sabiq Muhammad menegaskan, ia hanya seorang santri yang  dijalani selama 12 tahun, sejak umur 5 tahun hingga umur 23 tahun. Menurutnya selama hidup di pesantren diajarkan hidup  kesederhanaan. Di pesantren  diajari mengenai ilmu agama yang jadi fondasi untuk tuntunan hidup. Komitmen Sabiq Muhammad yang santri menjadi Kades Prawatan akan menjalankan amanah dari warga masyarakat Prawatan secara terbuka melayani warga masyarakat, dan siap diawasi oleh warga masyarakat Desa Prawatan.

Sabiq Muhammad selaku Kepala Desa Prawatan, dalam sambutannya menyinggung permasalahan sampah, maka jadi prioritas menangani sampah agar Desa Prawatan bersih. Sampah yang  dibiarkan, dibuang di sembarang tempat akan menjadi pemandangan tidak indah. Sampah juga menimbulkan bau tidak enak, juga dapat menimbulkan penyakit. Ia mengajak untuk mengelola sampah yang ada nilai ekonomi.

Kemudian juga disinggung musim kemarau, aliran air tidak ada. Ini akan menjadikan udara kering, dapat menimbulkan penyakit. Maka Kades yang santri ini mengajak warga masyarakat untuk tidak menebangi pohon, agar sumber air dari bumi tetap ada. Juga mengajak agar tidak mengubah fungsi lahan hijau.

Pesan Sabeq Muhammad pada ketua RT dan ketua RW dalam membuat RPJMDes ketua RW bersama ketua RT agar melakukan rembug di forum RT / RW bersama warga. Sehingga kebutuhan warga benar adanya sesuai kebutuhan.

Sabiq Muhammad juga mengajak warga masyarakat Desa Prawatan tetap merupakan desa, jangan menjadi kota. Jadikan Desa Prawatan tetap desa yang hijau.

Untuk program pendidikan, Sabiq Muhammad mengajak warga masyarakat Desa Prawatan untuk menggapai pendidikan yang setinggi-tingginya. Pendidikan adalah sarana untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Karena itu Kades Prawatan sudah menjalin perguruan tinggi di Surakarta dan Yogyakarta.

Kades Sabiq Muhammad juga menyinggung tahun 2024 yang merupakan tahun politik. Ia mengajak dan menghimbau warga masyarakat Prawatan tidak terpecah karena pilihan.  Ajakannya agar memilih secara wajar dan cerdas. Kira-kira calon legislatif ditengarai bohong tidak usah dipilih. Sabiq Muhammad  sendiri menyatakan netral. Tetapi dalam memilih merupakan rahasia bagi Sabiq.

Kesempatan wawancara, Sabiq Muhammad mengatakan ketika masa sekolah dasar tinggal di Pondok Pesantren Glagah Ombo Magelang, ketika sekolah setingkat SMP tinggal di Pondok Pesantren Alzariah Wonosobo, kemudian masuk MAN setingkat SMA tinggal di Pondok Pesantren Surakarta. Kemudian kuliah di UII ambil Fakultas Hukum.

Untuk visi misi Sabiq Muhammad adalah Terwujudnya Pemerintahan Desa Prawatan Yang Bersih Jujur Dan Transparan. Sehingga akan mewujudkan masyarakat Desa Prawatan yang mandiri, berdaya, dan berprestasi.

Dalam sambutannya, Sabiq Muhammad juga mengucapkan terima kasih pada Kades yang lama Haji Ali Rukminto yang telah mengemban tugas selaku Kades Prawatan.  Sabiq akan melanjutkan program kerja Haji Ali Rukminto.

Terkait dengan Sertijab Kades Prawatan, tamu yang diundang  kurang lebih sejumlah 130-an tamu undangan. Menurut salah seorang panitia Sertijab yang diundang antara lain Muspika, Ketua RT ada 35, Ketua RW ada 13, BPD, lembaga desa yang ada, Kepala SDN Prawatan, Kepala SMA Negeri 1 Jogonalan R Susanto, Kepala SMKN Jogonalan, serta tamu undangan lainnya.

Kades lama Haji Ali Rukminto dalam sambutannya dengan penuh rasa haru menyampaikan pesan pada Kades Sabiq Muhammad agar bekerja jujur melayani masyarakat.

Camat Jogonalan Murdoko, dalam sambutannya antara lain menyampaikan pada Sekdes Prawatan agar hal-hak Haji Ali Rukminto diperhatikan. Murdoko juga mengapresiasi sambutan yang disampaikan oleh Kades Prawatan yang baru Sabiq Muhammad sebagai santri yang menjadi Kepala Desa Prawatan.

Selesai upacara Sertijab Kades Prawatan dilanjutkan sesi photo bersama Sabiq Muhammad.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar