Search

Sejumlah 317 Warga Desa Dompyongan Menerima Kepastian Kompensasi Jalan Tol

BERITA KLATEN – Sejumlah  317 warga desa Dompyongan, kecamatan Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah menerima kepastian nilai kompensasi jalan tol di Balai Desa setempat, sejak hari Selasa hingga Kamis (25 s/d 27/10/2022).

Sejak hari Selasa s/d. Kamis  warga desa Dompyongan yang lahan sawah maupun pekarangan serta bangunan rumahnya terdampak proyek trase jalan tol Solo -Jogja mendapatkan kepastian jumlah uang ganti rugi yang akan diterimanya, secara bergantian.

Kepala Desa Dompyongan, Sarono kepada media ini menjelaskan sejumlah 317 bidang tanah, baik yang berupa lahan sawah maupun tanah pekarangan  terdampak proyek jalan tol Solo -Jogja.

” Menurut gambar, proyek jalan tol Solo-Jogja ini nantinya membelah desa Dompyongan. Dan di desa Dompyongan ini pula lokasi simpang susun exit tol Prambanan,”tutur Sarono.

Sementara Kepala Seksi Pengadaan Tanah pada Kantor ATR/BPN Kabupaten Klaten, Sulistyono menyatakan, musyawarah tentang penetapan nilai uang ganti rugi untuk warga terdampak proyek jalan tol di desa Dompyongan berjalan lancar tidak ada masalah.

”Sejumlah 317 bidang tanah di desa Dompyongan dengan nilai kurang lebih Rp300 Milyar akan segera dibayarkan kepada warga desa Dompyongan, termasuk di dalamnya tanah kas desa (TKD),” ungkap Sulistyono.

Meskipun secara tehnis warga sudah menyetujui nilai ganti rugi yang akan diterima, namun Pemerintah Desa Dompyongan masih mempunyai satu pekerjaan rumah yang harus dicari jalan keluarnya.

Pekerjaan rumah tersebut adalah mengenai keberadaan bangunan SD Negeri 1 Dompyongan, dimana lahan yang ditempati SDN 1 Dompyongan juga akan terkena jalur jalan tol Solo-Jogja.

”Kami akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten soal pengganti lahan untuk SDN 1 Dompyongan, lokasinya dimana. Bagaimana pun bangunan SDN 1 Dompyongan itu adalah milik Pemkab Klaten, dalam hal ini Dinas Pendidikan meski lahannya merupakan milik desa. Ini mesti dilakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan, Menurut Kepala Dispermades tanah kas desa agar dapat menambah pendapatan desa,” ungkap Sarono.

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar