Search

Ratusan Guru Ikuti Seleksi Guru Berprestasi Jajaran SD Se Eks Kawedanan Gondangwinangun

BERITA KLATEN – Sejumlah 154 orang guru sekolah dasar (SD) se eks Kawedanan Gondangwinangun, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah mengikuti seleksi guru berprestasi bertempat di Balai Desa Ngering, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Sabtu (28/1/2023).

Ketua Panitia Seleksi Guru Berprestasi Jajaran SD se eks Kawedanan Gondangwinangun Sugeng Raharja diwawancarai di sela-sela pelaksanaan seleksi tersebut mengatakan jumlah guru yang mengikuti seleksi berprestasi ada 154 guru. Rinciannya  dari Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Gantiwarno ada 25 orang guru, Kecamatan Jogonalan 28 orang guru, Kecamatan Manisrenggo 29 orang guru, Kecamatan Karangnongko ada 21 orang guru, Kecamatan Kemalang  ada 23 orang guru, dan dari Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Prambanan ada 28 orang guru. Masing-masing sekolah mengirimkan 1 orang guru untuk mengikuti seleksi guru berprestasi.

Diadakannya seleksi guru beprestasi Sugeng Raharja berharap menjadi media untuk mencari guru yang berpotensi baik, tentunya akan memajukan sekolah atau satuan pendidikan lebih baik dan bermutu.

Sugeng Raharja menjelaskan guru yang mengikuti seleksi guru berprestasi adalah semua guru.  Baik guru pegawai negeri sipil  (PNS) maupun guru sekolah swasta.

Wuri Handayani selaku Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Kemalang dalam sambutannya antara lain  mengatakan apresiasi dan merasa bangga pada para guru yang mengikuti  seleksi guru berprestasi.

“Saya bangga pada para guru yang akan mengikuti seleksi guru berprestasi. Para guru peserta seleksi guru berprestasi pukul 07.00 sudah sampai di Bale Desa Ngering, Kecamatan Jogonalan. Ini sudah merupakan bukti para guru disiplin. Karena itu sudah layak semua guru ini pantas sebagai guru berprestasi,”ucap Wuri Handayani.

Wuri Handayani secara terbuka juga mengatakan  para guru yang ikut seleksi guru berprestasi  motivasinya berbeda-beda, ada yang karena ditugasi oleh kepala sekolah, untuk mendapatkan pengalaman, kesempatan reuni dengan teman guru, dan ada yang kesempatan untuk refressing.  Apapun motivasinya tetapi Bapak, Ibu guru adalah merupakan guru terbaik di sekolah masing-masing.

Dalam seleksi guru berprestasi ini lanjut Wuri Handayani, penilaiannya dari porto folio, tertulis soal pilihan ganda, dan wawancara. Untuk tes tertulis alokasi waktu selama 90 menit.

Prosentase nilai, untuk porto folio 35%, tes tertulis 45%, dan wawancara 20%. Penilaian  wawancara guru peserta seleksi guru berprestasi menghadap Korwil Bidang Pendidikan dan Pengawas masing-masing Kecamatan. Dalam wawancara Korwil Bidang Pendidikan dan Pengawas akan menggali kepribadian dan aspek sosial para guru peserta seleksi guru berprestasi.

Wuri Handayani  dalam sambutannya juga mengingatkan pada para guru peserta seleksi agar berkomitmen menunggu sampai selesai pengumuman. Tiap Korwil akan diambil kejuaraan 1, 2, dan 3. Bagi yang memdapat juara 1 yang akan maju seleksi guru berprestasi ke tingkat Kabupaten Klaten pada tanggal 13 Pebruari 2023. Karena itu bagi juara 1 pada hari Senin (30/1/2023) agar memenuhi persyaratan untuk maju ke tingkat Kabupaten Klaten.

Wuri Handayani menandaskan juri tidak mempunyai tendensi apapun, utamanya bekerja secara obyektif, karena itu keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.

 

Pada Berita Klaten.com Wuri Handayani menuturkan adanya seleksi guru berprestasi jajaran SD tingkat Korwil Bidang Pendidikan Se eks Kawedanan Gondangwinangun tahun 2023 ini menjaga hasilnya yang obyektif. Kegiatan ini merupakan seleksi guru berprestasi bersama. Dulunya untuk maju seleksi guru berprestasi tingkat Kabupaten Klaten secara penunjukan. Ini sudah 2 tahun dilakukan  seleksi guru berprestasi bersama.  Tanggapannya para guru antausias untuk mengikuti seleksi. Tiap Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan akan diambil juara 1, 2, dan juara. Menurut Wuri Handayani bagi guru yang memperoleh juara 1 nantinya wajib maju ke tingakat Kabupaten Klaten.

Harapan Wuri Handayani diadakannya seleksi guru berprestasi, akan menumbuhkan  para guru untuk berkompetisi. Semangat berkompetisi adalah hal yang positip.

Pengumuman  kejuaraan seleksi guru berprestasi jajaran SD tingkat Korwil Bidang Pendidikan Se Eks Kawedanan Gondangwinangun disampaikan Ketua Paguyuban Korwil Bidang Pendidikan se Eks Kawedanan Gondangwinangun Sugeng Iriyanto.

Pantauan Berita Klaten.com para guru peserta seleksi guru berprestasi nampak semangat. Salah seorang ibu guru peserta seleksi guru berprestasi yang tidak mau disebut jati dirinya menjawab pertanyaan Berita Klaten.com berharap dapat juara 1, sehingga dapat maju ke tingkat Kabupaten Klaten.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar