Search

Seleksi Guru Berprestasi Wilayah Eks Kawedanan Gondang Diikuti 146 Guru

BERITA KLATEN – Sejumlah 146  orang guru aparat sipil negara (ASN) di wilayah eks Kawedanan Gondangwinangun mengikuti seleksi guru berprestasi di Gedung Koperasi Guru Karangnongko (KOGK), Kamis (28/12/2023).

Koordinator Korwil Pendidikan  di wilayah eks Kawedanan Gondang Wuri Handayani, pada Berita Klaten.com mengatakan guru yang mengikuti  seleksi guru berprestasi ada 146  guru sekolah dasar negeri (SDN).  Wilayah eks Kawedanan Gondangwinangun ada 6 kecamatan, ialah Kecamatan Kemalang  ada 22 guru, Kecamatan Manisrenggo ada 28 guru, Kecamatan Prambanan 25 orang guru, Kecamatan Jogonalan ada 27 orang guru, Kecamatan Gantiwarno ada 24 orang guru, dan Kecamatan Karangnongko ada 20 guru. Setiap sekolah dasar negeri (SDN) mengirimkan 1 orang guru yang sudah ASN.

Wuri Handayani menuturkan, materi tes untuk seleksi guru berprestasi ada 3, ialah  porto polio, tes tertulis, dan wawancara.

“Materi tes seleksi guru berprestasi yang mesti dilaksanakan ada 3 macam ialah porto polio, tes tertulis, dan wawancara,”kata Wuri Handayani.

Penilaian seleksi guru berprestasi,  masing-masing koordinator wilayah (Korwil) pendidikan, tiap kecamatan diambil tiga guru yang memperoleh nilai peringkat juara 1, 2, dan 3. Para guru yang memperoleh nilai peringkat juara 1  selanjutnya mewakili masing-masing Korwil Pendidikan maju seleksi guru berprestasi di tingkat Kabupaten Klaten. Rencana seleksi guru berprestasi di tingkat Kabupaten Klaten akan diselenggarakan pada bulan Pebruari 2024. Guru yang memperoleh juara peringkat 1, 2, dan 3 mendapat sertifikat, piagam, dan piala.

Pengujinya peserta seleksi guru berprestasi adalah para Korwil dan pengawas. Para guru peserta seleksi guru berprestasi  nampak tertib dan antusias.  Menurut Wuri Handayani semua sekolah mengikuti seleksi guru berprestasi.

Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) se wilayah eks Kawedanan Gondang Dr Tri Indarti  SPd MPd pada Berita Klaten.com menjelaskan, terlaksananya kegiatan program seleksi guru berprestasi dengan baik, ini menunjukkan  semua guru, kepala sekolah, pengawas, dan Korwil pendidikan memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan program kegiatan.

Aprin Eriyanti, sebagai guru di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Titang, Kecamatan Jogonalan yang mengikuti seleksi guru berprestasi, mengatakan setelah mengerjakan tes tertulis, Aprin E mengatakan untuk mengerjakan perlu membuka memory tentang pengetahuan yang sudah dikerjakan di sekolah mengenai kurikulum merdeka. Soal tes tertulis pakai logika yang mesti dikerjakan. Aprin Eriyanti mengatakan sudah lega mengerjakan  tes tertulis, tinggal wawancara.

Para guru SDN sedang menunggu giliran urutan wawancara.

 

Lain lagi, Tika sebagai guru ASN di SDN 1 Kanoman setelah mengerjakan tes tertulis mengatakan tes tertulis yang dikerjakan berbasis kurikulum merdeka. Karena Tika mengajar kelas di kelas 6 dan kelas 3 belum diberi bekal kurikulum merdeka. Maka Tika mengerjakan tes tertulis dengan penalaran mengenai kurikulum merdeka.

Tika sebagai guru ASN yang bekerja 3 tahun, adanya kegiatan seleksi guru berprestasi sangat bermanfaat dan dapat menyemangati ketemu dengan teman-teman guru. Menurutnya dapat untuk memotivasi lagi.  Mengikuti seleksi guru berprestasi harapan Tika dapat meningkatkan jenjang karier.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar