Seleksi LCC, SD Negeri 3 Joton Merebut Juara 1

BERITA KLATEN – Setelah dilaksanakan seleksi lomba cerdas cermat (LCC) di SDN Bakung, Jogonalan, Sekolah Dasar Negeri 3 Joton  berhasil menyisihkan 27 sekolah dasar (SD) negeri maupun swasta di Kecamatan Jogonalan, Klaten, Jawa Tengah, Kamis (23/1/2020).

Dari keberhasilan merebut juara 1 tingkat Korwil Jogonalan, maka utusan dari Kecamatan Jogonalan yang akan maju LCC di tingkat Kabupaten Klaten adalah siswa dari SD Negeri 3 Joton. Proses seleksi LCC yang dilaksanakan di Kecamatan Jogonalan tidak ada permainan, dilakukan secara wajar.  Pelaksanaan LCC  dilakukan penuh sportivitas, fair play.

Dalam pelaksanaan LCC sekolah dasar di Korwil Pendidikan Kecamatan Jogonlan Andreas Budi Rustomo selaku pengawas TK/SD yang pegang kendali. Sehingga pelaksanaan LCC berjalan lancar hingga penentuan kejuaraannya. Terlaksananya LCC juga berkat bantuan para guru dan beberapa kepala sekolah dasar di wilayah Kecamatan Jogonalan.

Dari babak penyisihan yang diikuti 28 SD diambil 5 SD yang masuk peringkat 5 besar. Sudah diambil ada 4 peringkat, ternyata ada tiga peserta yang nilainya sama yang menduduki peringkat ke-5. Oleh ketentuan panitia harus disaring lagi untuk menentukan 1 peserta peringkat ke-5. Akhirnya sudah terjaring menjadi 5 peringkat besar.

Setelah dilakukan penyaringan dengan cara tanya jawab dari jenis soal wajib, lemparan, dan rebutan lalu dari hasil penilaian dapat ditentukan kejuaraannya. Para juaranya ialah juara 1  SD Negeri 3 Joton, juara 2 SDN 1 Rejoso, dan juara 3  SD Negeri 2  Kraguman.  Dalam penentuan kejuaraan 3 besar, pada urutan ke-3 nilainya sama, maka perlu disaring lagi. Nilainya yang berhasil adalah SD Negeri 2 Kraguman. Selanjutnya piala langsung dibagikan pada para juara 1, 2, dan juara 3.

Dalam kesempatan akan diserahkannya piala pada para juara, Andreas Budi Rustomo sempat mengungkapkan pelaksanaan  LCC ini benar-benar fair play, dan wajar. Sehingga baru waktu penyerahan piala juara kalau juaranya SD Negeri 3 Joton, juara 2 SD Negeri 1 Rejoso dan juara 3 SD Negeri  2 Kraguman.

Pembukaan LCC dengan upacara yang dipimpin oleh Korwil Pendidikan Kecamatan Jogonalan Sugeng Irianto.  Dalam amanatnya Sugeng Irianto antara lain mengungkapkan agar LCC dilakukan secara sehat, fair play. Ketua panitia LCC  tingkat SD di Jogonalan Ari Subagyo pada Berita Klaten mengatakan maju bersama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kecamatan Jogonalan. Sehingga ke depan lebih baik dan berkualitas.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia