Search

Semangat Terus Menerus Merawat Hidup Toleransi Di 4 RW Kampung Ngrahu Wedi

BERITA KLATEN – Momentum di bulan Ramadhan ini merupakan kesempatan yang tepat untuk merawat hidup penuh rasa toleransi. Menjelang buka puasa umat Katolik Lingkungan Santo Natanael  di Ngrahu memberi takzil untuk buka bersama (Bukber) dengan umat Islam di Masjid Baiturrahim Ngrahu, Desa Kalitengah, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin (1/4/2024) petang.

Selama bulan Ramadhan, setiap sore menjelang petang mendekati waktu buka puasa  umat Islam di 4 rukun warga (RW) ialah  kampung Jeronboto, Ngrahu, Singonggalan, dan kampung Kebonduren kumpul di Masjid Baiturrahim di Ngrahu. Ada ratusan umat Islam di Kampung Ngrahu, mayoritas terdiri kaum remaja,  ibu-ibu, dan  bapak-bapak juga.

Salah seorang Taksmir Masjid Baiturrahim Jaka Wartana, didampingi Supriyanto pada Berita Klaten.com mengungkapkan adanya perhatian dari umat Katolik Lingkungan Santo Natanael di  4 RW ialah kampung Kebonduren, Singonggalan, Ngrahu, dan kampung Jeronboto yang memberi takzil untuk ratusan umat Islam di Masjid Baiturrahim mengucapkan terima kasih. Menurut Jaka Wartana merupakan perwujudan untuk merawat dan menjunjung tinggi rasa saling toleransi antar umat beragama di 4 RW Ngrahu.

“Rasa kebersamaan dalam hidup beragama akan terus ditunjung tinggi, saling menjaga toleransi, saling menghormati mesti dirawat sepanjang masa,”tutur Jaka Wartana.

Ketua umat Katolik Lingkungan Santo Natanael Kalitengah Antonius Fransiscus  de Paula Futwembun menjawab pertanyaan Berita Klaten.com antara lain menuturkan kegiatan beratensi memberi takzil pada umat Islam  4 RW  di Ngrahu yang sedang menjalankan ibadat puasa sudah dilakukan sejumlah 5 kali.

Menurut Paul, sapaan akrab Ketua Umat Katolik Lingkungan Santo Natanael di Kalitengah, warga masyarakat di empat RW yang beragam keyakinannya perlu ada kekompakan bekerja sama. Kalau perlu mempunyai kas dari semua lintas keyakinan/agama untuk kegiatan sosial. Hal usulan dari Paul itu diamini oleh Jaka Wartana dan Supriyanto.

Pantauan Berita Klaten.com  buka puasa bersama hari Senin (1/4) petang tadi menunya berupa bakso dan snack. Suasana buka bersama nampak gembira dan canda ria.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar