Search

Shining Klaten Arts Festival Jadi Ajang Baru Unjuk Karya Seniman Lokal

BERITA KLATEN  –  Ratusan seniman dan grup seni lokal Klaten unjuk karya seni dalam ajang Shining Klaten Arts Festival di pelataran Monumen Juang 45 Klaten, Sabtu (16/9/2023).

Berbagai jenis kesenian yang ditampilkan, menghibur masyarakat yang menyaksikan even tersebut.

Rangkaian penampilan seni dibuka dengan musikalisasi Pendongeng Pereng asal Jatinom. Dalam penampilannya, para pendongeng yang terdiri dari pria wanita berbagai usia, menceritakan potensi wisata di Kabupaten Klaten, mulai dari wilayah Kecamatan Wonosari hingga Prambanan tak luput dituturkan.

Musik dari kesenian gejog lesung pun bertalu-talu mengiringi pentas kolaborasi seni itu. Disambung dengan tari kontemporer yang ditampilkan penari cilik dari Pondok Seni Dika hingga mengajak flash mob tamu undangan dan masyarakat yang menyaksikan, ikut bergerak mengikuti irama musik.

Even seni ini juga dimeriahkan penampilan seniman tari dari Jerman dan Equador yang ikut berpartisipasi dalam gelar karya budaya ini.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Klaten, Sri Nugroho mengatakan gelaran ini berlangsung selama tiga hari, yaitu dimulai Jumat (15/9/2023) yang diisi dengan gelaran berbagai karya seni dengan puncaknya pagelaran seni ketoprak yang didukung seniman senior, Yati Pesek. Gelaran ini akan ditutup pada Minggu (17/9/2023) yang dimeriahkan dengan Parade Karawitan 26 kecamatan.

“Kegiatan merupakan bentuk apresiasi kepada pelaku seni budaya di Kabupaten Klaten. Even ini sekaligus sebagai wadah dari karya para seniman lokal,” paparnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya berharap Shining Klaten Arts Festival dapat dilangsungkan setiap tahunnya dan penyelenggaraan semakin meriah. Pagelaran tersebut bukan hanya sebagai hiburan masyarakat, namun juga menjadi ajang unjuk karya dari para seniman lokal.

“Kami berharap even ini dapat memberikan kesempatan bagi para seniman untuk turut menampilkan karyanya. Sekaligus menjaring potensi seniman lokal Klaten,” ungkapnya.

Dalam gelaran ini, turut diserahkan penghargaan dedikasi seni budaya bagi para pelaku seni dan budaya Klaten dari berbagai bidang oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani.

 

Penulis : ang/Kominfo-klt

Editor : ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar