Search

SMADA Dibantu Gamelan Dari Kasmada 85

Semaraknya pesta emas SMA Negeri 2 (SMADA) Klaten, Jawa Tengah mendapat bantuan seperangkat gamelan laraas nada slendro-pelog dari Keluarga Alumni SMA Negeri Negeri Angkatan 1985 (Kasmada 85) sangat bermanfaat. Serah dan terima gamelan dilakukan pada puncak pesta emas di kampus SMADA, Sabtu (15/8).

Bantuan seperangkat gamelan lengkap laras nada slendro dan pelog dari bahan perunggu mendapat apresiasi dari Kepala SMADA Yohanes Priyono. Sehingga ia berucap akan merawat dan mengelola dengan baik seperangkat gamelan bantuan dari Kasmada 85 di ruang yang representatif. Perhatian dari Yohanes Priyono mendapat tanggapan positip dari Kasmada 85. Dalam kesempatan menerima bantuan seperangkat gamelan lengkap Yohanes Priyono menyatakan senang karena ia cinta pada seni dan budaya.

Ketua Kasmada 85 Agus Winarna yang profesinya sebagai TNI angkatan darat berpangkat Kolonel Inf mengungkapkan yang mendasari memberi bantuan berupa seperangkat gamelan lengkap slendro dan pelog karena sekolah membutuhkan alat untuk menunjang kegiatan siswa yang mempunyai potensi dalam kesenian tradisional namun fasilitasnya kurang memadahi. Dan yang amat terkesan, menurut Agus Winarna adik-adik SMA Negeri 2 Klaten dapat menjurai pentas seni ketoprak, sebagai budaya luhur bangsa. Agus Winarna berharap sumbangan berupa seperangkat gamelan lengkap sehingga potensi kesenian tersebut dapat dikembangkan lebih baik.

Yohanes Priyono dalam sambutannya pada puncak acara mengatakan SMA Negeri 2 Klaten yang sudah berusia 50 tahun sudah cukup dewasa. Sehingga semakin tambah usianya SMA Negeri 2 Klaten nantinya dapat lebih dibanggakan. Alumni SMA Negeri 2 Klaten sudah banyak yang sukses dengan profesinya masing-masing. Ada yang bekerja di eksekutif, legislatif, politisi, BUMN, dan lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan ada yang di luar negeri.

Rangkaian kegiatan perayaan pesta emas SMADA menurut ketua panitia Ayanggelina, siswa kelas 12 MIPA 3, kegiatan sudah dilaksanakan beberapa hari sebelum puncak ulang tahun pada Sabtu, 15 Agustus 2015. Kegiatan untuk meramaikan pesta emas SMADA antara lain RAMAKA dan SMADA Basket yang diselenggarakan pada bulan Juni lalu, Stand Up Komidi, Futsal, pentas ketoprak, jalan sehat dan donor pada 14 Agustus, tirakatan malam ulang tahun, dan bhakti sosial bagi sembako pada orang yang perlu dibantu.

Menjawab pertanyaan Klaten Direktori mengenai pendanaan dan beaya kegiatan pesta emas SMADA, Ayanggelina mengatakan secara pasti tidak tahu persis anggaran keseluruhan. Ia menuturkan anggaran per even kurang lebih Rp 40 juta. Anggaran untuk puncak acara pada hari H anggaran kurang lebih sebanyak Rp 100 juta. Kemudian untuk dana dihimpun dari sponsor, donatur, dan penjualan kaos bagi siswa yang ingin membeli. Namun siswa yang ingin beli kaos pesta emas SMADA mesti pesan dulu. Tema HUT SMA Negeri 2 Swaliba Klaten, menurut Ayanggelina adalah Awe50me. SMA Negeri 2 yang membanggakan dan berupaya untuk berprestasi.

Hadir dalam puncak perayaan pesta emas SMA Negeri 2 Klaten adalah perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Klaten Guritno yang menjabat Kasi Sarpras Dikmen, Komite SMA Negeri 2 Klaten Sumatno, para guru, puluhan alumni SMA Negeri 2 Klaten khususnya angkatan 85, dan lainnya. Dalam puncak acara perayaan emas SMADA adalah pentas musik, dan ajang penampilan kreatifitas siswa. Dalam acara seremonial dilakukan potong tumpeng oleh Yohanes Priyono yang diberikan pada Ayanggelina dan pelepasan balon-balon ke udara. Sambutan para tamu dan para siswa cukup menggembirakan.

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar