Search

Srawung Budaya Sekaligus Launching Desa Kalikotes Sebagai Desa Wisata

BERITA KLATEN – Bersamaan menyulam silam Desa Kalikotes  dalam Srawung Budaya sekaligus melaunching Desa Kalikotes sebagai Desa Wisata dilakukan di Bumi Perkemahan Tirta Mulya, Kalikotes oleh Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Sabtu (5/11/2022).

Desa Kalikotes yang dilaunching sebagai wisata  berada di Kecamatan Kalikotes, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dihadiri Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Wakil Bupati Klaten Yoga Hardoyo beserta isteri, Kepala Disdagkop Kabupaten Klaten Anang, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian Widiyanti, Kepala Dispemades Joko Purwanto, Camat Kalikotes Sudiyono,  tamu pejabat lainnya, tamu undangan lainnya.

 

Kegiatan dengan tagline “Srawung Budaya Kalikotes Menyulam Silam” menurut Kepala Desa Kalikotes Ponidi diselenggarakan selama dua hari, ialah hari Sabtu – Minggu (5-6/11/ 2022).

Lebih lanjut Ponidi pada wartawan mengatakan kegiatan  srawung budaya diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda dan menjelang peringatan hari Pahlawan.

Agenda srawung budaya yang sudah dijadwalkan, hari Sabtu (5/11) adalah launching  Desa Kalikotes sebagai desa wisata dan festival jenang. Kemudian pada siang hari ada Bedah Buku Asal-Usul Desa Kalikotes. Pembedah buku  asal-usul nama Desa Kalikotes antara lain Profesor Sugiarto sebagai Dosen UNS, Budayawan FX Setiawan asli Kalikotes, Kabid Kebudayaan Susilowati, dan Dr Kholil Rohman dari UIN Surakarta. Selanjutnya  pada malam hari dilakukan Umbul Donga Jeng Sunan dari Solo, dan Mocopat Laras Madyo. Untuk hari Minggu (6/11) pukul 10.00 hingga pukul 14.00 ada pentas seni reog.

Ponidi juga menuturkan, kedepan di Kalikotes juga akan dibangun destinasi miniatur Kaabah, sarana untuk umroh, latihan persiapan naik haji (Manasik) yang representatip. Pembangunan destinasi miniatur Kaabah sudah mencapai 50%. Menurut Ponidi di Klaten belum ada sarana untuk manasik sangat memadai, di Desa Kalikotes ada lapangan terpadu, juga untuk kuliner.

Bupati Klaten Sri Mulyani, dalam sambutannya antara lain mengungkapkan supportnya pada Desa Kalikotes yang luar biasa  berkembang. Segala potensi yang ada di Desa Kalikotes untuk terus diberdayakan.

Di Kabupaten Klaten ada 391 desa. Desa-desa sebagian besar  sudah membentuk BUMDes. Semua desa yang sudah punya BUMDes agar dikembangkan.  Tinggal untuk merintis kelurahan-kelurahan juga mendirikan Badan Usaha Milik Kelurahan (BUMKel). Bupati Sri Mulyani juga berpesan Kepala Desa Kalikotes setelah menerima Surat Keputusan (SK) Desa Wisata agar segera koordinasi dengan Dinas Pariwisata. Bupati Klaten Sri Mulyani juga meresmikan Rumah Hidroponik Tirto Arum.

Bupati Sri Mulyani juga berpesan agar area/komplek Bumi Perkemahan Tirta Mulya diperhatikan keamanannya. Karena Buper Perkemahan Tirta Mulya di Kalikotes sering digunakan untuk kemah sekolah menengah pertama (SMP) yang ada di Klaten.

Untuk memeriahkan kegiatan srawung budaya, juga dihibur musik Islami hadroh. Selain dimeriahkan musik Islami Hadroh, lokasi Bumi Perkemahan Tirta Mulya Desa Kalikotes diberi hiasan umbul-umbul, ratusan bendera merah putih di sepanjang jalan/gang,  juga ornamen-ornamen atau dekorasi sehingga  semarak suasananya. Kursi undangan dipenuhi ibu-ibu. Di deretan meja di depan dekat pintu gerbang dipajang produk UMKM dan juga ditata macam-macam jenang. Selesai acara  seremonial Bupati Sri Mulyani, Wakil Bupati Yoga Hardoyo beserta isteri, dan pejabat lainnya mendekat di meja tempat menata jenang-jenang. Bupati Sri Mulyani kemudian membagi jenang pada anak-anak.

Selanjutnya para hadirin juga ikut menikmati jenang yang disediakan. (ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar