Search

Sri Kuncoro Akan Membangun Desa Granting Yang Kuncoro

BERITA KLATEN – Visi misi Kepala Desa (Kades) Granting terpilih Sri Kuncoro ialah perlu melaksanakan program yang sinergis dengan semua pihak (stake holder) untuk menggali potensi yang ada di Desa Granting. Semua potensi yang ada akan diberdayakan guna mensejahterakan warga masyarakat Desa Granting, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Demikian disampaikan Kades Granting terpilih Sri Kuncoro ketika menyampaikan sambutan pada waktu serah terima jabatan (Sertijab) dari Pj Kades Granting Joko Pranoto kepada Kades Granting terpilih Sri Kuncoro di Balai Desa Granting, Jumat (29/9/2023) siang.

Sri Kuncoro adalah Kepala Desa Granting yang memenangkan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang 1  di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah  pdi desa Granting, Kecamatan Jogonalan, pada hari Rabu (26/7/2023) lalu. Ia berhasil meraih kemenangan, menyisihkan empat calon kepala desa lainnya.

Selesai seremonial Sertijab, Sri Kuncoro pada wartawan yang meliput Sertijab menuturkan, untuk mengawali langkah  memimpin Pemerintah Desa Granting, Sri Kuncoro akan melakukan koordinasi  dengan perangkat desa, badan permusyawaratan desa (BPD),  serta stake holder lainnya. Kemudian melanjutkan program kerja yang sudah direncanakan oleh pejabat kepala desa sebelumnya.

Tuturnya, sebagai Kepala Desa Granting ia akan selalu melakukan koordinasi dengan para perangkat desa sebelum membuat suatu keputusan.  Melibatkan para tokoh masyarakat, ketua rukun tetangga (RT) dan ketua rukun warga (RW), serta BPD dalam merencanakan program kerja mesti dilakukan.

Adapun dalam jangka menengah ke depan, Sri Kuncoro akan menggali potensi wisata budaya maupun religi yang dimiliki oleh Desa Granting. Seperti adanya tradisi kirab budaya pada acara tradisi sadranan di dusun-dusun akan diangkat ke dalam skala lebih besar dimana pemerintah desa akan memfasilitasi. Tentunya Pemerintah Desa (Pemdes) akan  mengalokasikan anggaran untuk pelaksanaan giat kirab budaya.

 “Adanya bangunan tempat/rumah ibadah bagi berbagai umat beragama yang berada dalam satu lokasi, dapat menjadi potensi wisata religi di Desa Granting  perlu dikembangkan untuk memperlihatkan adanya kerukunan antar umat beragama,”ungkap Sri Kuncoro.

Sri Kuncoro juga mengatakan, adanya aktifitas kelompok ternak sapi yang ada di desa Granting itu juga dapat dikembangkan sebagai wisata agro. Kelompok ternak sapi  juga dapat memberikan edukasi kepada warga masyarakat bagaimana caranya mengembangkan ternak sapi yang baik, hingga sukses beternak sapi.

“Saya berupaya akan merunut jejak sejarah adanya Desa Granting,  Tokoh siapa saja yang menjadi pemimpin masyarakat desa Granting. Termasuk untuk mengetahui sejarah latar belakang adanya nama Desa Granting. Itu  penting  diketahui  warga masyarakat Granting sebagai dasar  untuk membangun agar  desa Granting maju sehingga kuncoro dan juga bersinar,”ungkap Sri Kuncoro mengakhiri wawancara.

Pelaksanaan Sertijab berjalan lancar. Hadir tamu undangan pejabat Muspika Jogonalan, tokoh masyarakat, pengurus lembaga Desa Granting, Ketua Badan Permusyawaratan Desa Granting Niko Surato, para ketua rukun tetangga (RT) dan ketua rukun warga (RW), dan tamu undangan lainnya.

Camat Jogonalan Murdoko, dalam sambutannya antara lain mengungkapkan Kades Granting yang baru Sri Kuncoro agar mulai menyesuaikan dengan perangkat desa. Ia juga mengajak untuk melaksanakan program kerjanya. (ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar