Search

Susilo Wisnu Sasongko Mengukir Prestasi, Juara 1 Lomba KSN Kabupaten Klaten

BERITA KLATEN –  Lomba KSN  yang diadakan di Sekolah Dasar (SD) Putra Bangsa tingkat Kabupaten Klaten, Jumat (20/5/2022) lalu, akhirnya  Susilo Wisnu Sasongko, siswa kelas 5  SD Negeri 3 Keputran, Kemalang berhasil mengukir prestasi merebut juara 1 bidang IPA.

Setelah berhasil menyisihkan peserta lomba kompetensi sains nasional (KSN) sejumlah 77 siswa, Susilo Wisnu Sasongko  tentunya terus akan  maju mengikuti lomba KSN bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) tingkat Provinsi Jawa Tengah.  Karena itu tim pendamping terdiri dari kelompok kerja guru (KKG), Paguyuban Kepala Sekolah, Pengawas Bidang Pendidikan Wilayah Kecamatan Kemalang, juga Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Kemalang Wuri Handayani akan terus mempersiapkan latihan-latihan soal bagi Susilo Wisnu Sasongko untuk maju lomba KSN di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Diah Cipto Pertiwi selaku guru kelas 5 SD Negeri 3 Keputran di Kecamatan Kemalang, Klaten, hari Jumat (3/6/2022) pada Berita Klaten.com menuturkan bahwa Wisnu, panggilan sehari-hari Susilo Wisnu Sasongko, punya kemampuan yang menonjol. Nilai raportnya, menurut Diah Cipto Pertiwi sudah berprestasi sejak kelas 1.

Lebih lanjut Diah mengungkapkan, Wisnu semangat belajarnya hebat. Dia tidak mudah menyerah dalam menghadapi soal-soal latihan yang diberikan oleh guru-guru pendampingnya. Menurut Diah, Wisnu tidak mudah/gampang capek, dan tidak pernah mengeluh ketika mengerjakan soal-soal latihan.

Dengan jujur apa adanya, Diah Cipto Pertiwi mengatakan sangat bangga mempunyai peserta didik Susilo Wisnu Sasongko ini. Diah menjelaskan terus mengamati perkembangan Wisnu. Karena kemampuan Wisnu yang menonjol Diah meyakini Wisnu pasti bisa, sehingga Diah dengan semangat juga membimbing Wisnu untuk persiapan maju lomba KSN bidang IPA tingkat Provinsi Jawa Tengah.

“Saya merasa bangga pada Wisnu yang dapat merebut juara 1 lomba KSN bidang IPA tingkat Kabupaten Klaten. Semoga nanti maju lomba tingkat Provinsi Jawa Tengah juga berhasil/sukses,”ujar Diah.

Sunarsih selaku Kepala Sekolah yang mengampu di SD Negeri 3 Keputran juaga merasa senang pada Wisnu yang menjadi juara 1 lomba KSN. Ia berharap maju lomba di tingkat Provinsi Jawa Tengah juga sukses jadi juara. Sunarsih mengucapkan terima kasih pada KKG, Pengawas Pendidikan di Wilayah Kecamatan Kemalang, juga pada Korwil Wuri Handayani yang  membimbing Susilo Wisnu Sasongko.

Wuri Handayani menyatakan memberi apresiasi pada Susilo Wisnu Sasongko yang berhasil menjadi juara 1 lomba KSN bidang IPA tingkat Kabupaten Klaten. Menurutnya jumlah peserta lomba ada 78 siswa.   Dari jumlah peserta itu Wisnu dapat menyingkirkan sejumlah 77 peserta lomba KSN.

Menurut Wuri Handayani, untuk mengikuti lomba KSN sudah dipersiapkan selama dua bulan sebelumnya. Dalam pendampingan melibatkan semua unsur Bidang Pendidikan Wilayah Kecamatan Kemalang, ialah K3S, KKG, Pengawas/Penilik, juga Korwil peduli untuk persiapan lomba. Sebelumnya diadakan seleksi di tingkat Kecamatan Kemalang.  Wisnu yang menjadi juara 1 tingkat Kecamatan Kemalang mendapat reward/penghargaan dari Korwil, Kepala SD Negeri 3 Keputran, juga dari Pemerintah Desa Keputran.

Dari hasil lomba itu, Wuri Handayani mengungkapkan bahwa  siswa dari gunung juga dapat diandalkan. Bila ada yang menganggap siswa dari gunung itu enteng dan meremehkan itu tidak tepat/pas.  Kenyataanya Susilo Wisnu Sasongko yang tinggal di kawasan kaki Gunung Merapi, Dusun Kembang, Desa Keputran juga berhasil mendapat juara 1 lomba KSN. Di manapun siswa berada  termasuk anak di desa juga mempunyai kemampuan, kompetensi,  dan bisa.  Menurut Wuri Handayan, tinggal bagaimana mengolah dan mengelola siswa untuk membimbingnya.  Siswa dibimbing dan dimotivas agar tetap semangat belajar dan berlatih.

Wuri berharap, Susilo Wisnu Sasongko yang berhasil menjadi juara 1 lomba KSN akan menginspirasi bagi siswa-siswa lain. Tentunya juga memotivasi  para guru dan kelompok kerja kepala sekolah (K3S).

Untuk  maju lomba di tingkat Provinsi Jawa Tengah, Wuri Handayani mengatakan  diawali try out pada tanggal 7 – 14 Juni 2022. Kemudian pelaksanaan penyisihan pada tanggal 21 –  22 Juni 2022 secara dalam jaringan (Daring) menggunakan aplikasi OSN SD.

Susilo Wisnu Sasongko adalah putra pasangan Joko Santosa dengan Indri Tarina S. Ayahnya bekerja sebagai tukang batu/bangunan, sedangkan ibunya sebagai ibu rumah tangga. Wisnu yang mempunyai dua orang saudara mempunyai cita-cita jadi fisikawan.

“Susilo Wisnu Sasongko, teruslah rajin belajar, semangat terus untuk meraih prestasi. Kelak dewasa berguna bagi  hidupmu,”pesan nasehat Wuri Handayani.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar