Search

Tantangan Era Digital Bagi Guru Dan Kepala Sekolah PAUD Aisyiah Klaten

BERITA KLATEN –  Dalam rangka menindaklanjuti pelatihan e-Rapor dari Pimpinan Wilayah Aisyiyah ( PWA ) Majelis Dikdasmen Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu PDA Majelis Dikdasnen dan IGABA Kabupaten Klaten mengadakan diseminasi e-Rapor si Rois untuk guru dan Kepala Sekolah PAUD Aisyiyah se Kabupaten, Kamis (5/1/2023)

Kegiatan ini sebagai tindak lanjutan kegiatan diseminasi e-Rapor yang sebelumnya diperuntukkan bagi operator dan fungsionaris IGABA Kabupaten.

Ketua PDA Majelis Dikdasnen Kabupaten Klaten Hj. Istikomah, M.Pd menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara luring atau tatap muka agar hasilnya bisa efektif.

“Kegiatan luring bertempat di Aula LPB MDMC Kabupaten Klaten dengan peserta perwakilan satu guru dan satu kepala sekolah tiap lembaga PAUD Aisyiyah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memfasilitasi guru dan kepala sekolah PAUD Aisyiyah dalam penggunaan aplikasi e-Rapor si Rois PAUD Aisyiyah sehingga dapat memudahkan dalam melaporkan hasil penilaian peserta didik di lembaga PAUD masing-masing.
Acara dibuka oleh Wakil Ketua PDA Klaten Hj Ir Rufaida Istiyati selaku wakil ketua yang membidangi Majelis Dikdasmen.

Dalam sambutannya Rufaida Istiyati yang akrab dipanggil bu Ida ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini sehingga acara bisa terlaksana dengan baik.

Menurutnya Aplikasi e-Rapor si Rois merupakan bagian dari program digitalisasi sekolah untuk mendukung program PDA Majelis Dikdasmen Kabupaten Klaten.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para guru mampu menggunakan aplikasi E-Rapor si Rois PAUD Aisyiyah dengan bantuan operator sebagai fasilitato,” katanya.

Dijelaskan bahwa sebagai guru di PAUD Aisyiyah harus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang cepat seperti sekarang ini telah memasuki era digitalisasi.

“Untuk memaksimalkan kegiatan ini mari kita sukseskan karena sukses kita adalah sukses bersama,” ujarnya.

Kegiatan diseminasi dimulai pukul 07.00 WIB dengan narasumber dari IGABA Kabupaten Klaten dengan fullteam.

Fokus materi pada acara ini adalah pengaplikasian e-Rapor si Rois bagi guru dan kepala sekolah.

Umi Fadhilah, M.Pd selaku Ketua IGABA Kabupaten Klaten mengatakan Aplikasi e-Rapor si Rois merupakan aplikasi penilaian yang telah terintegrasi langsung ke Emis sehingga data yang terinput di Emis tersebut harus benar-benar valid.

“Penyampaian materi meliputi cara pengisian e-Rapor si Rois untuk guru. Setiap guru diharapkan sudah menginstal aplikasi di laptop masing-masing untuk memudahkan dalam belajar. Akun untuk login sudah disediakan oleh operator sekolah sebagai admin,” katanya.

Pada tahap awal dipaparkan cara login, kemudian menjelaskan menu-menu pada aplikasi dan cara mengisinya. Menu tersebut diantaranya Data Kompetensi Dasar, Rencana Penilaian, Input Data dan Nilai, Download Format Impor, dan lain-lain.

“Bahwa tugas guru yang paling awal adalah melakukan pemetaan kompetensi dasar sesuai kelas masing-masing. Pemetaan KD merupakan hal yang sangat penting karena untuk proses ke tahap selanjutnya,” ujarnya.

Cara pengisian e-Rapor PAUD Aisyiyah ini pada dasarnya sama dengan ketika guru melakukan login sebagai wali kelas, hanya menunya yang berbeda.

“Menu e-Rapor si Rois sebagai wali kelas diantaranya tentang semua hal terkait data Peserta Didik, Input Data dan Nilai, Proses Deskripsi Sikap, Hasil Pengolahan Nilai, Rekap Kehadiran, sampai Cetak Leger dan Rapor,” tuturnya.

Kegiatan ini juga disampaikan cara mengganti logo sekolah pada cover rapor peserta didik.

Para narasumber menjelaskan materi secara rinci satu persatu sehingga peserta sangat antusias bertanya tentang kesulitan dalam pengerjaan e-Rapor. Bahkan para peserta dipandu langsung karena peserta praktik di tempat. Hal ini bertujuan untuk mempermudah saat membimbing temanya di lembaga PAUD masing-masing.

Untuk kelancaran pengaplikasian e-Rapor si Rois nanti ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya, 1) Sekolah harus membentuk tim e-Rapor PAUD Aisyiyah yang terdiri dari kepala sekolah, koordinator guru, dan operator sekolah sebagai admin, 2) Seluruh guru harus menguasai penggunaan e-Rapor si Rois PAUD Aisyiyah ini.

 

Penulis:  Moch.Isnaeni

Editor : ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar