Search

Tingkatkan Minat Baca pada Anak, KKN Undip Dirikan Pojok Baca di Desa Brangkal.

Klaten (15/8/2024) – Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan minat baca di kalangan anak-anak dan remaja, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata, Universitas Diponegoro, telah melaksanakan program monodisiplin dengan judul "Peningkatan Minat Baca Anak dan Remaja dengan Melakukan Pendirian Pojok Baca Desa Brangkal". Kegiatan ini didasari oleh kurangnya akses dan minat baca para generasi muda di Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten, yang disebabkan oleh terbatasnya fasilitas dan bahan bacaan yang tersedia.

Program ini dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Brangkal pada tanggal 15 Agustus 2024. Ulya, selaku mahasiswa KKN berinisiatif mendirikan sebuah pojok baca yang diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan literasi bagi anak-anak dan remaja di desa. Kegiatan ini meliputi dekorasi pojok baca yang ramah anak, nyaman, dan menarik, serta penambahan beberapa koleksi buku yang bervariasi, seperti buku cerita anak dan novel remaja.

Hasil dari program ini adalah terbentuknya sebuah pojok baca baru yang siap digunakan oleh masyarakat, khususnya anak-anak dan remaja di Desa Brangkal. Dengan adanya fasilitas ini, diharapkan minat baca akan meningkat dan anak-anak serta remaja desa dapat memanfaatkan waktu mereka dengan kegiatan yang bermanfaat, sambil memperluas wawasan dan pengetahuan melalui buku. Hal tersebut didukung dengan pemilihan lokasi yang dapat dijangkau dan sering dikunjungi oleh anak-anak dan remaja Desa Brangkal.

Keberhasilan program ini mendapat apresiasi dari perangkat desa dan masyarakat setempat. Kepala Desa Brangkal, Haryanta, menyatakan bahwa pojok baca ini diharapkan dapat memberikan ruang bagi anak-anak dan remaja untuk berkembang dan belajar. Dengan demikian, berdirinya pojok baca tersebut dapat menjadi langkah awal dalam peningkatan kualitas pendidikan di Desa Brangkal. Selain itu, program ini diharapkan menjadi inspirasi bagi desa- desa lain untuk menciptakan inisiatif serupa dalam mendukung minat baca dan pendidikan di lingkungan mereka.

 

Penulis: Ulya Khoirun Nisa (S1-Sastra Indonesia)
Lokasi: Desa Brangkal, Kecamatan Karanganom, Kabupaten Klaten
Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Adian Fatchur Rochim S.T., M.T.

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar