Search

Ujian Tingkat SD Menggunakan Paper Test

BERITA KLATEN – Ujian sekolah tingkat sekolah dasar (SD) yang diselenggarakan mulai Senin s/d Senin (26/4 – 3/5/2021) menggunakan paper test.

Demikian dikatakan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Ranting Pendidikan Kecamatan Wedi Wartopo ditemui Berita Klaten.com di kantornya di SD Negeri 1 Canan, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Senin (26/4/2021) pagi.

Lebih lanjut Wartopo mengungkapkan,  teknis pelaksanaan ujian sekolah pada pagi hari kurang lebih pukul 07.30 orang tua siswa datang di sekolah untuk presensi mengambil lembar soal ujian. Pengambilan soal ujian dilayani di depan ruang kelas.  Tiap ruang kelas melayani 10 siswa. Pembagian ruang kelas disesuaikan jumlah murid. Kemudian lembar soal ujian dibawa pulang dan dikerjakan siswa di rumah. Waktu  pengerjaan soal ujian selama 90 menit. Pengumpulan lembar jawab setelah selesai mengerjakan soal ujian agar segera dikumpulkan kembali di sekolah.  Tenggang waktu mengumpulkan lembar jawab dibatasi sampai pukul 12.00.

Wartopo menuturkan jumlah siswa kelas 6 SD Negeri 1 Canan ada 27 siswa, ruang kelas layanan ujian sekolah ada 3 ruang. Semua guru dilibatkan kepanitiaan ujian sekolah.

Kepala SD Negeri Karang Suyanta, yang juga mengampu di SD Negeri Kalitengah ketika ditemui di kantornya mengatakan  siswa kelas 6 SD Negeri Karang jumlahnya ada 50 siswa.  Untuk SD Negeri Kalitengah jumlah siswa kelas 6 ada 32 siswa. Pelaksanaan ujian sekolah tidak jauh berbeda dengan SD Negeri 1 Canan. Pada pagi hari orang tua siswa datang di sekolah presensi  mengambil soal ujian, kemudian setelah soal ujian dikerjakan  orang tua mengembalikan lembar jawab ujian di sekolah dan presensi telah mengumpulkan lembar jawab ujian.

Dalam pelaksanaan ujian sekolah di masa pandemi virus korona ini Suyanta berharap siswa mengerjakan soal ujian secara mandiri, walaupun dikerjakan di rumah, dan tidak diawasi oleh guru. Pesannya pada orang tua siswa agar orang tua siswa jangan sampai bosen mendampingi belajar anaknya.

Jadwal ujian sekolah utama  tingkat  SD antara lain Senin (26/4) mata pelajaran Bahasa Indonesia, Selasa (27/4) mata pelajaran Matematika, Rabu (28/4) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, Kamis (29/4) mata pelajaran  Agama dan  PPKn, Jumat (30/4) mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial,  dan hari Senin (3/5) mata pelajaran Bahasa Jawa dan mata pelajaran PJOK.

Untuk jadwal ujian sekolah susulan mulai hari Rabu sampai dengan hari Sabtu (5-8 Mei 2021). Ujian susulan diperuntukkan bagi siswa yang sakit.

Merujuk Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021 tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19).

Salah satunya, ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan adalah bentuk: a. Porto folio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku dan prestasi yang diperoleh sebelumnya berupa penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya,  b.Penugasan, c.Tes luring atau daring, dan d.Bentuk kegiatan lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar