Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Di Klaten Khidmat & Lancar

BERITA KLATEN – Suasana khidmat mewarnai upacara peringata Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di halaman Pendapa Ageng Kabupaten Klaten, Sabtu (1/10/2022) pagi.

Upacara tersebut diikuti ratusan peserta dari pelajar, ASN, TNI, dan Polri. Meski dilangsungkan secara sederhana, namun tidak mengurangi kekhidmatan upacara yang diinspekturi langsung oleh Bupati Klaten, Sri Mulyani. Turut hadir dalam upacara tersebut jajaran Forkopimda dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Klaten.

Dalam kesempatan tersebut  dibacakan ikrar Hari Kesaktian Pancasila oleh Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo. Usai pembacaan ikrar Hari Kesaktian Pancasila dan UUD 1945, rangkaian kegiatan upacara ditutup dengan doa.

Ditemui usai kegiatan upacara, Bupati Sri Mulyani menyampaikan Hari Kesaktian Pancasila menjadi momentum untuk merefleksikan kembali penghayatan nilai-nilai Pancasila, baik pimpinan daerah maupun masyarakat luas. Menurutnya peringatan Hari Kesaktian Pancasila bukan hanya soal memutar kembali ingatan tentang sejarah bangsa Indonesia, namun juga membedah nilai-nilai luhur Pancasila dan mengamalkannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sejarah tentu tidak boleh dilupakan, namun tidak kalah penting adalah menghayati nilai-nilai Pancasila sebagai pedoman hidup masyarakat dalam berbangsa dan bernegara,” paparnya.

Bupati juga mengingatkan generasi muda untuk terus mengisi kemerdekaan dengan mengasah diri dengan kreativitas dan menambahkan wawasan hingga bisa turut andil dalam pembangunan nasional. Tidak lupa, Bupati Klateh  juga mengingatkan generasi muda untuk terus memupuk nasionalisme dan cinta tanah air. Hal ini lantaran generasi muda akan menjadi penerus bangsa di masa mendatang.

“Asah dan tingkatkan kemampuan diri, generasi muda harus nasionalis dan kreatif. Di masa depan, generasi muda akan tampil sebagai penerus bangsa, artinya nasib bangsa ada dalam genggaman generasi penerus,”pesan Sri Mulyani.

 

Penulis: ang/Kominfo-klt

Editor: ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar

Berita Terbaru

DomaiNesia