Search

Vaksinasi 170-an Anak Di SD Negeri Dengkeng Penuh Ceria

BERITA KLATEN – Sebanyak 170-an anak sekolah taman kanak-kanak dan sekolah dasar disuntik vaksin covid-19 dosis pertama di Sekolah Dasar (SD) Negeri Dengkeng, Kecamatan Wedi, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (5/1/2022).

Kepala SD Negeri Dengkeng Maryono beserta dewan guru sejak pagi pukul 06.30 sudah datang di sekolah untuk mengatur para siswa yang akan disuntik vaksin dosis 1. Pukul 06.45 murid sudah berdatangan. Tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Kecamatan Wedi juga mulai datang. Para Nakes langsung mempersiapkan untuk memulai pelaksanaan vaksisnasi covid-19.

Maryono pada Berita Klaten.com mengatakan  dari SD Negeri Dengkeng ada sekitar 144 siswa, dari SD Amansura ada 11 siswa,  dari Taman Kanak-kanak (TK) Pertiwi ada 6 siswa, dan dari TK ABA afsada 12 siswa. Maryono menuturkan para siswa yang datang di SD Negeri Dengkeng nampak ceria. Nampak tidak ada rasa takut untuk divaksin.

Para orang tua ikut mendampingi anaknya yang akan divaksin. Ketika dilakukan screening oleh Nakes untuk menelusuri riwayat kesehatan para siswa, orang tua siswa yang menjawab pertanyaan para Nakes.

Beberapa orang tua siswa yang tidak mau disebut jati dirinya mengatakan senang karena anaknya sudah divaksin Covid-19. Mereka berharap anak-anaknya menjadi sehat dan kebal dari virus korona, sehingga  dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik.

Dengan ada program vaksinasi oleh pemerintah, Kepala SD Negeri Dengkeng Maryono mengatakan sangat mengapreasi. Harapannya para siswa yang sudah divaksin akan dapat mengikuti pelajaran tatap muka meski terbatas. Dalam masa pandemi korona ini meski sudah divaksin dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) tetap disiplin protokol kesehatan (Prokes), memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun pada air mengalir, dan menjaga jarak.

Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Wedi Sudibyo sehubungan pemerintah yang sudah melaksanakan program vaksinasi bagi anak usia 6 hingga 11 tahun maka anak kondisi kesehatannya sudah tidak dikhawatirkan. Anak-akan dapat mengikuti KBM lancar. Sudibyo juga berharap karena pelaksanaan vaksin dosis 1 lancar, nantinya untuk vaksin dosis 2 juga lancar.

Kepala Puskesmas Wedi dr Rita Royani, yang juga memantau pelaksanaan vaksinasi siswa umur 6 – 11 tahun di SD Negeri Dengkeng nampak serius mengamati pelaksanaan vaksinasi para siswa. Pada Berita Klaten.com ia mengatakan untuk vaksinasi siswa hari Rabu (5/1) ini kurang lebih ada 757 siswa.  Pelaksanaan vaksinasi di 3 tempat ialah di SD Negeri Karang, SD Negeri Dengkeng, dan  SD Darul Muhibin di Slegrengan.

Kepala SD Negeri Karang Suyanto menjawab pertanyaan Berita Klaten.com mengenai jumlah siswa yang divaksin di SD Negeri Karang ada 337 siswa. Rinciannya SD Negeri Karang ada 232 siswa, SD Negeri Pandes 78 siswa, TK Pertiwi Pandes 11 siswa, dan TK ABA Pandes ada 16 siswa.

Lebih lanjut Suyanto mengatakan pelaksanaan vaksin di SD Negeri Karang berjalan lancar. Para siswa dijadwal bergilir jam vaksinnya, sehingga tidak berkerumun. Siswa di SD Negeri Karang yang divaksin tidak takut.  Malah siswa kelihatan gembira dan ceria. Ia juga memberi arahan agar siswa mengikuti pelajaran tatap muka tetap menaati Prokes. Ialah, memakai masker, mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir, dan menjaga jarak.

Salah seorang siswi kelas VI bernama Kalisa Karisa Widiasari setelah divaksin Covid-19 ia mengatakan senang, dan biasa saja. Ia berharap badannya biar  sehat setelah divaksin.

“Setelah divaksin Covid-19 ini saya merasa senang.  Rasa saya biasa wae,  badan saya biar sehat dan kebal,”ujar Kalisa Karisa Widiasari sambil tersenyum gembira.

Tidak ketinggalan, Kapolsek Wedi AKP Mujiana beserta anggotanya, serta Babinsa yang bertugas di desa  ikut memantau dan menjaga keamanan di lokasi sekolah tempat pelaksanaan vaksinasi. (ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar