Search

Wabup Yoga Hardaya Ajak Lanjutkan Perjuangan RA Kartini

BERITA KLATEN – Pemerintah Kabupaten Klaten menyelenggarakan puncak peringatan Hari Kartini ke-144 dilaksanakan di Pendopo Setda Klaten, Jum’at (28/4/2023)

Peringatn tersebut dihadiri Wakil Bupati Klaten, Ketua DPRD Klaten, Ketua TP PKK, Ketua Gayatriwara, Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Organisasi Wanita se-Kabupaten Klaten baik online maupun offline.

Dalam sambutan Bupati Klaten yang disampaikan Wakil Bupati Klaten, Yoga Hardaya mengajak kaum perempuan melanjutkan perjuangan Raden Ajeng Kartini yang berjasa bagi kaum wanita.
“Dengan semangat Kartini, saya mengajak wanita-wanita Indonesia khususnya wanita-wanita Kabupaten Klaten,marilah terus berupaya melanjutkan perjuangan peran RA Kartini demi memajukan bangsa dan negara tanpa melupakan kodrat sebagai seorang wanita,” jelas Yoga

Yoga Hardaya menyebut karena sebagai wanita dibesarkan dengan tata cara adat ketimuran, sehingga wanita merupakan lambang keluwesan, kelembutan, keindahan, dan kesopanan. “Jadilah wanita yang bermartabat dan memiliki akhlak yang terdidik dengan terus menggapai cita-cita mulia seperti Raden Ajeng Kartini,” kata Yoga.

Sementara, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana
Kabupaten Klaten (Dissosp3appkb), Much Nasir menyampaikan tujuan kegiatan Hari Kartini 1444 H untuk memperingati dan menghormati RA Kartini dan mewujudkan kesataraan gender di era modern.

Ia juga menjelaskan tujuan lain adalah meningkatkan jumlah perempuan untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan di pemerintahan sehingga membuka ruang dalam meningkatkan kualitas hidup dan kepercayaan diri.

Ia juga memaparkan bahwa rangkaian Hari Kartini telah dilaksanakan antara lain
donor darah, Lomba geguritan dan mendongeng,pengajian Ramadan, pelayanan KB, Grandfinal lomba geguritan dan mendongeng, Penyerahan bansos kepada 45 PMKS, Penyerahan bansos oleh DWP dan ASN perempuan kepada masyarakat.

“Hari ini pelaksanaan puncak Hari Kartini dirangkaian dengan seminar oleh dokter seksologi UNS Surakarta tema peran perempuan dalam mewujudkan keharmonisan keluarga. Dan masih ada satu rangkaian Hari Kartini yakni Senam berkebaya yang akan dilaksanakan Jum’at 12 Mei 2023,” ujarnya.

Acara semakin meriah dengan persembahan Tari Kreasi dari SMP N 2 Klaten, Pembacaan Riwayat Singkat Hari Kartini oleh Ketua TP PKK Klaten, dan penampilan Line Dance Kharisma Cinta dari Gabungan Organisasi Wanita se- Kabupaten Klaten.

Terakhir, seluruh peserta mengikuti seminar kesehatan mengenai peran perempuan dalam mewujudkan keharmonisan keluarga dari Dokter Seksolog, Andri Putranto.

 

Penulis: ttr/kominfo-klt

Editor: ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar