Search

Warga Desa Manjung Minta Akses Tol Sesuaikan Kebutuhan Ekonomi Masyarakat

BERITA KLATEN – Bupati Klaten, Sri Mulyani menghadiri kegiatan sambang warga untuk menampung aspirasi prioritas pembangunan  Desa Manjung, di Gedung Serbaguna Rajawali, Desa Manjung, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (18/10/2023).

Kepala Desa (Kades) Manjung Waliyono, mengatakan sejumlah aspirasi yang disampaikan adalah penyesuaian akses tol dengan kebutuhan perekonomian masyarakat Desa Manjung.  Menurutnya saat ini rencana akses masyarakat yang diberikan oleh pengembang proyek strategis nasional jalan tol belum sesuai dengan kebutuhan ekonomi masyarakat Desa Manjung.

Kades Manjung  Waliyono,  juga mengusulkan mohon bantuan untuk betonisasi jalan di Dusun Tuban, yang berbatasan dengan Desa Duwet.

“Kebetulan Desa Manjung ini terkena proyek jalan tol yang selama ini warga kami menggunakan akses jalan tersebut untuk sarana perkenomian,  khususnya usaha mie soun yang sudah berjalan bertahun-tahun. Rencana akses jalan yang dibangun, belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat karena pembangunan jalan tol diperkirakan kondisi under pas ukurannya kurang tinggi, yang dapat menghalangi armada bila mengangkut  soun,” ungkap Kades Manjung.

Bupati Klaten Sri Mulyani,  mengatakan terkait aspirasi masyarakat tersebut, pihaknya akan berkomunikasi dengan Kementerian PUPR untuk dikoordinasikan dengan pihak pengembang pembangunan jalan tol. Ia juga meminta pihak Pemerintah Kecamatan Ngawen untuk ikut mengkomunikasikan dengan pihak pengembang.

“Akses jalan usaha UMKM produksi soun terkena proyek jalan tol. Ini nanti kita bersurat kepada Kementerian PUPR, dan kita tembusi juga pelaksana pembangunan jalan tol. Kemarin sudah melaksanakan rapat dengan pelaksana jalan tol dan saya sampaikan semua permasalahan yang ada di lapangan. Semoga dari pihak pelaksana merespon dengan cepat sebelum semuanya terlanjur,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati juga menyerahkan secara langsung bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan. Hadiah-hadiah yang berupa door prize dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Bupati Sri Mulyani juga diberikan pada anak-anak pelajar sekolah dasar, dan  warga Desa Manjung. Mereka yang menerima hadiah berupa sepeda, mesin cuci, pesawat TV, dan lainnya nampak gembira.

Kehadiran Bupati Sri Mulyani disambut dengan kalungan bunga melati dan tari gedruk yang dimainkan oleh anak-anak usia sekolah dasar. Sri Mulyani juga menyempatkan melihat stand-stand UMKM,  layanan kesehatan, dan lainnya.

Hadir dalam kegiatan sambang warga di Desa Manjung para Pejabat Pemerintah Kabupaten Klaten. Nampak hadir Kepala Dinas PUPR Suryanto, Kepala Dinas Pendidikan Titin Windiyarsih, Kepala BPBD Syaruna, para kepala OPD, dan para camat di wilayah kota.

Dalam sambang warga di Desa Manjung tamu yang diundang toga tomas, ketua RW dan ketua RT, Karang Taruna, Pengurus Tim Penggerak PKK, dan tamu undangan lainnya.

 

Penulis : ns-ang/Kominfo-klt

Editor : ksd

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar