Search

Warga Masyarakat Bakung Tampilkan Kreasi Seni Untuk Meriahkan Gebyar Kemerdekan HUT Ke-79 RI

BERITA KLATEN – Tumpah ruah warga masyarakat Desa Bakung, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah dalam giat gebyar kemerdekaan untuk merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) dengan menampilkan kreatifitas seni, Minggu (1/9/2024).

Diawali jalan sehat yang diberangkatkan dari halaman Kantor Kantor Desa Bakung oleh anggota DPRD Kabupaten Klaten Eko Prasetyo didampingi oleh Camat Jogonalan Murdoko dan Bambang Suryanto selaku Kepala Desa (Kades) Bakung. Sejumlah 14 kontingen rukun warga (RW) penuh suka cita berjalan menelusuri wilayah Desa Bakung sejauh kurang lebih 3 KM terus kembali ke halaman Kantor Desa Bakung. Dari masing-masing kontingen  RW warga masyarakat Desa Bakung mengenakan beraneka kostum pakaian. Remaja perempuan ada yang mengenakan kostum untuk  tari gambyong, ada pria maupun wanita umur setengah tua mengenakan seragam siswa SMA maupun SMK, ada warga pria yang mengenakan pakaian daster dan mukanya make up wanita sehingga kelihatan cantik, juga ada kontingen RW yang memakai seragam pakaian tradisi Jawa berupa sorjan dari bahan lurik, dan beragam kostum lainnya, sehingga suasana jalan sehat nampak meriah karena juga diiringi sound sistem yang mengiringi karnaval jalan sehat warga masyarakat Desa Bakung.

Kurang lebih setelah selama satu jam kontingen sudah mulai kembali memasuki halaman Kantor Desa Bakung. Setelah semua kontingen RW memasuki halaman Kantor Desa Bakung dilanjutkan pentas seni budaya. Pentas seni budaya menampilkan anak-anak siswa pendidikan anak usia dini (PAUD), siswa taman kanak-kanak (TK) Pertiwi, siswa Sekolah Dasar (SD) Bakung, para remaja Desa Bakung, kaum ibu-ibu juga ikut menampilkan kreasi seni. Anak siswa TK bernama Adelia menampilkan tari gajah. Pada Berita Klaten Adelia mengatakan senang tampil menarikan tari gajah.

“Iya saya merasa senang tadi waktu tampil menarikan tari gajah,”jawab Adelia ketika ditanya Berita Klaten.

oplus_34

Mengawali pentas seni budaya ialah menampilkan tari gambyong oleh empat remaja putri. Selesai empat orang remaja putri menari gambyong mendapat aplaus meriah dari penonton.

Kegiatan gebyar kemerdekaan HUT ke-79 RI di Desa Bakung juga diadakan lomba tumpeng. Dari penilaian dewan juri, yang berhasil menjuarai lomba tumpeng adalah RW 05 sebagai juara 1, kemudian juara 2 direbut RW 03, dan juara 3 diraih oleh RW 1. Para juara memperoleh hadiah. Tim juri penilaian lomba tumpeng terdiri dari unsur Pemdes Bakung, BPD Bakung, dan dari luar Desa Bakung ialah Ny Satiman isteri Kades Plawikan, dan Ny Sunaryo isteri Kades Kraguman.

Kontingen RW yang mengikuti jalan sehat juga dinilai oleh dewan juri. Menurut panitia, keunikan kontingen RW yang mengikuti jalan yang dinilai oleh tim juri.

Ketua panitia giat gebyar kemerdekaan Desa Bakung Sutarman dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih pada warga masyarakat Desa Bakung yang ikut gerak jalan atau jalan sehat. Ia juga mengatakan giat gebyar kemerdekaan Desa Bakung didukung oleh Pemdes Bakung, Karang Taruna Bakung, juga oleh Tim Penggerak PKK Desa Bakung.

oplus_2

Kepala Desa Bakung Bambang Suryanto ketika diwawancarai Berita Klaten mengungkapkan kegiatan gebyar kemerdekaan di Desa Bakung untuk penutupan kegiatan memperingati HUT ke-79 RI yang dilaksanakan di tingkat RT/RW di wilayah Desa Bakung. Kegiatan gebyar kemerdekaan ini menjalin persatuan dan kesatuan warga masyarakat Desa Bakung yang terdiri dari 14 RW dan 29 RT. Dalam kegiatan gebyar kemerdekaan HUT ke-79 RI warga masyarakat Desa Bakung tumpek bleg mengikuti jalan sehat. Karena itu Kades Bambang Suryanto mengucapkan terima kasih pada warga masyarakat Desa Bakung.

Lebih lanjut Bambang Suryanto menuturkan momentum merayakan HUT ke-79 RI untuk menggalang persatuan dan kesatuan, serta mempererat tali silaturahmi seluruh warga masyarakat Desa Bakung. Dulu waktu  Pilkades terjadi ada celah-celah warga masyarakat di Desa Bakung. Momentum merayakan HUT ke-79 RI  kembali merajut persatuan dan kesatuan warga masyarakat di Desa Bakung. Bambang Suryanto menegaskan kedepan warga masyarakat Desa Bakung yang bersatu padu untuk memajukan dan mensejahterakan Desa Bakung.

“Kegiatan gebyar kemerdekaan HUT ke-79 RI dilaksanakan warga masyarakat Desa Bakung secara swadaya murni. Warga masyarakat Desa Bakung dari karang taruna,  TP PKK, dan masyarakat berpartisipasi untuk melaksanakan giat gebyar kemerdekaan RI,”tutur Bambang Suryadi.(ksd)

Cloud Hosting Indonesia

Tinggalkan Komentar